Hindari Kerumunan, Petugas Polda Jatim Kunjungi Wilayah Warga Gantikan Samsat Keliling

Hindari Kerumunan, Petugas Polda Jatim Kunjungi Wilayah Warga Gantikan Samsat Keliling

KabarOto.com - Kegiatan sempat terhenti saat Indonesia diserang wabah virus Corona atau Covid-19. Sejak Juni 2020 mulai terasa perubahannya karena masyarakat khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya, mulai beraktivitas seperti biasa. Layanan seperti perpanjang SIM dan pembayaran pajak sudah bisa dilakukan.

Namun di Jawa Timur, Polda Jawa Timur meluncurkan program pajak jemput bola. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya kerumunan saat pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sesuai instruksi, walaupun aktivitas di luar rumah sudah bisa dilakukan tetapi kegiatan yang menyebabkan kerumunan masih dilarang.

Baca Juga: Sudah Bisa Bayar Pajak, Berikut Lokasi Samsat Yang Sudah Buka Di DKI Jakarta

Adanya program ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Samsat induk atau keliling, karena petugas akan mendatangi wilayah warga. Program bernama Kampung Tangguh Semeru tersebut merupakan program unggulan Ditlantas untuk memudahkan pelayanan pajak kendaraan.

"Sehingga, masyarakat akan semakin terbantu dengan kemudahan yang diberikan oleh petugas pada masa pandemik Corona," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim, AKBP Adhitya Panji.

Program tersebut, diterapkan hampir di seluruh wilayah di Jatim, yaitu mulai Surabaya hingga ke Sampang, Madura. Untuk jadwalnya selalu berganti dan berpindah-pindah sesuai dengan urutan daerah yang akan dituju.

Baca Juga: Pecah Antrean Pajak Kendaraan, Dua Mobil Samsat Dikerahkan

Beberapa di antaranya seperti wilayah Mojokerto dilaksanakan di Kedundung, kecamatan Magersari dan Madiun di Desa Jogodayuh, Kecamatan Geger.

"Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Pelaksanaannya dimulai pukul 14.30 WIB sampai selesai," tutupnya.

Selain membayar pajak tahunan, kegiatan ini dimanfaatkan masyarakat untuk mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).