POPULAR STORIES

Sejarah Honda Accord Selama 11 Generasi

Sejarah Honda Accord Selama 11 Generasi Foto : KabarOto

KabarOto.com - Honda Accord generasi 11 sudah hadir di Indonesia. Ini adalah bukti perjalanan panjang Honda Accord sejak pertama kali diluncurkan pada 1976. Lalu seperti apa perjalanan Accord selama 11 generasi? Yuk kita simak.

Honda Accord Generasi Pertama

Diperkenalkan pertama kali di Jepang pada tahun 1976. Namun baru masuk ke Indonesia dua tahun kemudian di tahun 1978. Honda Accord lama ini masih berbentuk mobil hatchback tiga pintu sebelum mulai memperkenalkan sedan medium pada awal 1979.

Baca Juga : All New Honda Accord RS E:HEV Hadir Di Indonesia, Harganya Rp 959,9 Jutaan

Mobil sedan ini mulai jual di Indonesia sejak 1976 sampai 1981 ada dua tipe mesin yakni 4 silinder 1.600 cc atau 1.800 cc dengan keluaran tenaga maksimal 68 dk dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan tipe mesin 1.800 cc memiliki tenaga 72 dk, dan dilengkapi dengan fitur power steering.

Honda Accord Generasi Kedua

Generasi kedua mulai diperkenalkan di tahun 1981 dan diperjualkan sampai tahun 1985. Selain di Indonesia, Honda Accord generasi kedua juga dijual di Amerika Serikat. Perbedaan paling mencolok adalah dimensi generasi kedua yang lebih besar dan berbentuk mengotak, namun tetap modern pada masanya.

Fitur terbaru yang disematkan pada generasi Accord Executive ini berupa girbok otomatis 4 percepatan, kapasitas mesin yang meningkat hingga 1.830 cc dengan tenaga yang dihasilkan 86 dk. Pada akhir generasi di tahun 1985 diperkenalkan Honda Accord SEi dengan menggunakan mesin injeksi dan menghasilkan tenaga sebesar 101 dk.

Honda Accord Generasi Ketiga

Generasi ketiga ini memiliki bentuk body lebih ramping dan mulai dijual pada tahun 1985 sampai 1989. Selain itu, dari segi mekanis, generasi ketiga memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki mobil generasi sebelumnya.

Mulai dari sistem suspensi double-wishbone pada kedua as roda, kapasitas mesin meningkat hingga 2.000 cc dengan keluaran tenaga maksimal 98 dk pada jenis mesin karburator, dan 110 dk untuk mesin mobil injeksi.

Honda Accord Generasi Keempat

Generasi keempat ini disebut juga sebagai generasi Honda Accord Maestro yang diperjualbelikan di tahun 1989 sampai 1993. Terdapat varian baru pada generasi keempat yakni varian wagon yang menggantikan varian hatchback.

Honda Accord generasi keempat ini dibekali mesin 2.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 130 dk. Fitur tambahan lainnya adalah mode Sport untuk memudahkan pengemudi yang ingin berkendara menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Baca Juga : Body Kit Modulo Percantik Honda All New Accord E:HEV

Honda Accord Generasi Kelima

Di Indonesia, generasi kelima Honda Accord lebih dikenal sebagi Accord Cielo. Generasi ini mulai diniagakan di tahun 1993 sampai 1997. Pembaruan konsep di generasi ini cukup banyak mulai dari memperluas jarak sumbu roda, sehingga penumpang memiliki cukup luas ruang untuk kaki di belakang.

Untuk kapasitas mesinnya, generasi ini sudah mulai menggunakan mesin bertenaga 2.200 cc dan tipe mesin V6 berkapasitas 2.700 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 170 dk dan capaian torsi maksimal sebesar 224 Nm.

Honda Accord Generasi Keenam

Di generasi ini, varian Accord Wagon dihapuskan dan menyisakan varian coupe dan sedan. Fitur keselamatan seperti airbag untuk pengemudi dan penumpang termasuk airbag samping telah tersedia.

Sementara itu, Honda Accord generasi ini dibekali mesin 2.300 cc yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 135 dk, dan jika terasa kurang, ada tipe mesin V6 yang bisa menghasilkan tenaga mesin sampai 200 dk.