POPULAR STORIES

Sejarah Toyota Hilux, Dari Single Cabin Hingga Double Cabin

Sejarah Toyota Hilux, dari Single Cabin Hingga Double Cabin Sumber dan Foto: Toyota

KabarOto.com - Sudah selama lebih dari 54 tahun, Toyota Hilux hadir sebagai pikap yang tangguh. Kali ini KabarOto akan jelaskan sejarah pikap ini mulai dari generasi 1 hingga 8 dari Hilux tersebut.

Toyota Hilux adalah mobil pikap yang diproduksi oleh pabrikan asal Jepang yakni Toyota. Nama Toyota Hilux digunakan untuk mengganti nama Toyota Stout sejak 1969, dan masih dipertahankan hingga kini.

Memiliki nama lain Toyota Tacoma di Amerika Serikat sejak 1995, namun di luar negara adidaya tersebut tetap menggunakan nama Hilux. Di Indonesia, tersedia model single cabin dan double cabin, di Indonesia tersedia dengan pilihan mesin bensin 4 silinder DOHC 2.000 cc dan diesel 4 silinder DOHC Turbo 2.400 cc.

Baca juga: Profil Toyota Hilux GR Sport

Generasi 1 (1968?1972), Kode RN10-D

Hilux memulai debutnya pada Maret 1968 sebagai truk tipe kap baru yang terintegrasi dan menggantikan Briska dan Light Stout. Kendaraan tersebut dirancang oleh Toyota, dan dikembangkan serta diproduksi oleh Hino Motors, Ltd. di Pabrik Hamura, Jepang.

Mesinnya adalah unit 2R 4 silinder OHV 1.490 cc bertenaga 69 dk pada 5.000 rpm, mesin ini juga digunakan pada Toyota Toyoace. Hilux mengadopsi konstruksi rangka terpisah dengan suspensi depan double wishbone/coil spring dan suspensi belakang axle/leaf spring yang kaku.

Transmisinya adalah manual 4 kecepatan dengan pemindah kolom. Hilux memiliki kapasitas penumpang tiga orang dan kapasitas muatan 1.000 kg, dengan tempat tidur kargo sepanjang 1.850 mm.

Meskipun tipe kabin di atas mesin akan menjadi arus utama truk kecil di kemudian hari, truk tipe kap mesin masih populer di Jepang pada saat itu, dan sebagian besar pabrikan mobil memasukkannya ke jajaran mereka. Di Amerika Serikat di mana truk pikap banyak diminati.

Generasi 2 (1972-1978), Kode RN20, RN25 dan RN22

Hilux generasi kedua dipasarkan pada Mei 1972. Baik versi jarak sumbu roda panjang dan pendek menggantikan komponen mekanis pendahulunya, meskipun keduanya memperpanjang jarak sumbu roda masing-masing sebesar 10 mm dan 45 mm. Panjang geladak dan kapasitas muatan maksimum tetap tidak berubah.

Selain model standar yang dilengkapi dengan mesin 12R4 silinder OHV 1.587cc yang ada, model Highway yang dilengkapi dengan mesin 18R 4 silinder OHC 1.968 cc (105 dk) diperkenalkan untuk pengendaraan yang lebih mulus di jalan tol. Model standar hadir dengan transmisi manual 4 kecepatan dengan pemindah gigi kolom atau lantai, sedangkan model Highway menampilkan pemindah gigi lantai otomatis 3 kecepatan pertama untuk Hilux. Model shifter lantai menampilkan kursi depan terpisah dan memiliki kapasitas dua penumpang.

Untuk menjawab persyaratan keselamatan yang semakin ketat, rem master silinder tandem dengan master vac (yaitu, penguat rem vakum) dilengkapi standar, dan katup proporsional rem sensor beban juga digunakan. Pada Oktober 1975, jajaran mesin dikonsolidasikan menjadi unit 12R-J 4 silinder OHV 1.600 cc (80 dk) untuk memenuhi standar emisi tahun 1975.

Baca juga: Simulasi Kredit New Toyota Hilux GR Sport Dan New Toyota GR Supra

Generasi 3 (1978-1983), Kode RN30 dan RN40

Hilux generasi ketiga hadir pada September 1978. Sampul brosurnya menampilkan foto Hilux oranye dengan garis samping putih hias, dan judulnya berbunyi "Hilux California -- born in Japan, raised in the U.S", menekankan keserbagunaan pikap yang secara rutin merangkap sebagai mobil penumpang atau kendaraan santai di Amerika Serikat.

Model generasi ketiga menawarkan spesifikasi dan perlengkapan seperti sedan serta kenyamanan berkendara. Variasinya termasuk tiga model panjang standar dan empat model berbadan panjang. Model Super Deluxe top-end baru hadir dengan kabin yang diperpanjang 90 mm lebih panjang dari kabin standar, memperbesar ruang interior. Mesin 12R-J 4 silinder OHV 1.587 cc, diwariskan dari generasi sebelumnya. Suspensi depan double wishbone tetap tidak berubah, kecuali pegas koil diganti dengan batang torsi. Rem cakram depan dilengkapi standar pada model kelas Deluxe ke atas.

Bak truk dengan logo Toyota timbul tersedia sebagai opsi. Pada Oktober 1979, model penggerak 4 roda pertama diperkenalkan ke lini Hilux, dilengkapi dengan mesin 4 silinder OHV 2.000 cc (18R-J).

Pada bulan Desember, mesin diesel (Tipe L) tersedia untuk model penggerak roda belakang, yang juga merupakan yang pertama untuk Hilux. Dalam perubahan kecil pada Oktober 1981, model kabin ganda dengan dua baris kursi diperkenalkan untuk penggunaan santai. Sepanjang generasi model ini, Hilux memperluas variasi modelnya secara signifikan.

Generasi 4 (1983-1988), Kode RN35, RN45, LN40, YN56, LN55 dan LN56

Hilux generasi keempat dirilis pada November 1983. Model penggerak roda belakang (RWD) termasuk seri Comfortable dan Popular; yang pertama adalah model generasi keempat dengan desain interior dan eksterior yang diperbarui, sedangkan yang terakhir adalah model generasi ketiga yang tetap diproduksi. Semua model penggerak 4 roda (4WD) hadir dengan bodi baru. Tampilan luar model generasi keempat ditandai dengan spatbor menggembung di bagian depan dan belakang.

Jajaran mesin untuk model RWD termasuk mesin bensin 4 silinder OHV 1.587 cc dan 1.801 cc (12R-J, 2Y) serta unit diesel 2.200 cc dan 2.400 cc (L, 2L), dan untuk model 4WD termasuk unit bensin 2.000 cc ( 3Y-J) dan diesel 2.400 cc (2L). Versi kabin tunggal dan ganda juga tersedia, dan jumlah total variasi model meningkat dari 17 menjadi 20.

Pada Mei 1984, kendaraan sport pertama Toyota Hilux Surf (dikenal sebagai 4Runner di pasar luar negeri) dirilis.