Suzuki Hentikan Produksi Ertiga Diesel 1.3L Di India

Suzuki Hentikan Produksi Ertiga Diesel 1.3L di India Foto: Gaadi Waadi

KabarOto.com – Sobat KabarOto tentu tidak asing dengan sosok Suzuki Ertiga Diesel, yang sempat dijual di Indonesia beberapa tahun lalu. Mobil tersebut hadir untuk mengisi segmen kosong yang ditinggalkan oleh Chevrolet Spin Diesel, yang sempat memberi warna pasar LMPV di Indonesia.

Pada generasi terbaru dari Suzuki Ertiga, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menjual lagi varian ini, namun Maruti Suzuki India tetap memasarkan varian berbahan bakar Solar ini. Walaupun Maruti Suzuki masih menjual All New Suzuki Ertiga dengan mesin diesel 1.300 cc di India, namun eksistensi dari mobil ini akan segera berakhir.

Dilansir dari Gaadi Waadi, Maruti Suzuki memutuskan untuk menghentikan produksi All New Suzuki Ertiga diesel dengan mesin 1.300. Mesin DdiS Multijet Diesel ini sejatinya sudah akrab dengan Suzuki Ertiga sejak 2012 silam. Mesin milik Fiat ini memiliki dua varian tenaga, yaitu 75 dk dengan torsi 190 Nm dan 90 dk dengan torsi 200 Nm. Kedua varian mesin inilah yang sempat ditawarkan untuk pasar Indonesia.

Pihak Maruti Suzuki sendiri sempat menawarkan varian mild hybrid yang dikenal dengan nama SHVS alias Smart Hybrid Vehicle Suzuki, yang menggunakan basis mesin 1.300 cc diesel ini. Salah satu alasan kuat mengapa akhirnya Maruti Suzuki menyudahi eksistensi All New Suzki Ertiga Diesel 1.3L ini, karena regulasi emisi di India yang semakin ketat.

Baca juga: Profil Suzuki Carry ST20 ‘Truntung’ Di Telkomsel IIMS 2019

Per tanggal 1 April 2020 mendatang, seluruh mesin diesel yang dijual di India harus memenuhi standar BS-Vi (Bharat Stage VI) yang setara dengan standar Euro 6. Tentunya butuh biaya besar untuk membuat mesin lawas seperti 1.3 diesel, untuk bisa memenuhi regulasi tersebut.

Karena regulasi ini, Maruti Suzuki lebih memilih untuk menghentikan produksi varian ini. Bagi konsumen yang ingin memiliki All New Suzuki Ertiga bermesin diesel, masih ada varian mesin 1.500 cc diesel E15A, yang merupakan mesin hasil pengembangan Suzuki sendiri. Namun, mesin ini juga tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Sangar! Suzuki Jimny Wide JB33 Ini Wakili Indonesia Pada Balap AXCR 2019

Sebab, Maruti Suzuki juga berencana menghentikan produksi mesin E15A untuk All New Suzuki Ertiga mulai tanggal 1 April 2020 mendatang. Namun, mesin E15A masih akan ada dibeberapa model seperti Suzuki Vitara Brezza dan SX-4 S-Cross.

Jadi, untuk ke depannya tidak akan ada lagi All New Suzuki Ertiga bermesin diesel, baik 1.300 cc dan 1.500 cc. Tapi ini khusus untuk India ya, tidak menutup kemungkinan varian mesin ini akan hidup di Indonesia, yang regulasinya masih memungkinkan untuk mesin diesel Suzuki tersebut.

Jadi bagaimana Sob jika varian diesel masuk lagi ke Indonesia? (Rizky Hidayat)