POPULAR STORIES

Suzuki Jimny Direcall Karena Masalah Oli Rembes

Suzuki Jimny Direcall karena Masalah Oli Rembes Suzuki Jimny

KabarOto.com - Suzuki Jimny menjadi mobil yang paling diburu pencinta off-road di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, Suzuki Indomobil Sales (SIS) Jum'at kemarin (17/09) mengumumkan recall atau penarikan kembali Jimny di Indonesia. Recall melibatkan 21 Jimny transmisi otomatis produksi Mei-Juni 2021.

Rembesan oli ini terjadi karena terdapat kesalahan saat proses produksi, membuat komponen oil seal terlipat. Masalah ini dapat membuat Jimny tidak bisa jalan, dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan konsumen.

Baca juga: Mobil Imut Suzuki WagonR Smile Meluncur, Harga Rp221 Juta

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head SIS mengatakan, setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, pihaknya menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan.

"Kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny, untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen," terang Hariadi, dalam diskusi virtual dengan media otomotif.

Selama pengecekan, menurutnya, mekanik Suzuki akan membongkar transmisi, guna memastikan terdapat perubahan bentuk atau perembesan.

"Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set," tambah Hariadi. Akan tetapi, jika tak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, mekanik hanya mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Baca juga: Suzuki Tanggapi Soal Recall Jimny Secara Diam-diam

Selain recall, Suzuki juga sedang melakukan kampanye servis untuk Jimny, karena terdapat masalah door harness. Perbaikan ini sebelumnya sudah dilakukan oleh konsumen yang menyebutnya sebagai recall. Suzuki menyebut ini adalah service campaign.

Namun jika dibiarkan, tekanan dari tekukan saat buka dan tutup pintu di bagian tengah kabel bisa mengganggu power window dan central door lock. Saat ini ada 1.540 unit yang terdiri dari 150 unit manual dan 1.390 unit otomatis.

Suzuki Jimny tersebut diproduksi pada periode Mei 2018 sampai Desember 2020. Pihak Suzuki akan menghubungi seluruh pemilik Jimny yang terkena kampanye recall, juga kampanye untuk dilakukan perbaikan.