Suzuki Jimny Versi Lima Pintu Diluncurkan Tahun 2023

Suzuki Jimny Versi Lima Pintu Diluncurkan Tahun 2023 Suzuki Jimny 3 pintu yang dipasarkan di Indonesia

KabarOto.com - Suzuki Jimny versi lima pintu dikabarkan akan meluncur pada 2023. Di mana, model ikonik ini memiliki banyak penggemar, sehingga menyebabkan inden selama bertahun-tahun.

Khusus di India, ada permintaan terhadap Suzuki Jimny menggunakan konfigurasi lima pintu. Dengan tambahan dua pintu, diklaim dapat memberikan kemudahan untuk akses masuk penumpang. Selain itu, dimensi lebih panjang memungkinkan kendaraan memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak.

Baca juga: Teknologi Suzuki Smart Hybrid Diklaim Bikin Mobil Lebih Irit Dan Terjangkau

Sebagai informasi, Maruti Suzuki memproduksi Jimny versi tiga pintu di fasilitas perakitan di Gurgaon, India, dikhususkan untuk pasar ekspor. Kabarnya, Suzuki Jimny versi lima pintu akan diproduksi pada kuartal pertama 2023, tepatnya bulan Februari.
Rendering Suzuki Jimny versi 5 pintu (Foto: Response)

Kabar hadirnya Suzuki Jimny lima pintu memang bukan pertama kali terdengar. Sebelumnya, produk ini dijadwalkan akan diproduksi pada Mei 2022. Namun, perekonomian dunia terganggu akibat pandemik Covid-19. Gangguan rantai pasokan dan krisis semikonduktor juga membuat proyek ini tertunda.

Baca juga: Konsep Digital Suzuki Vision GT Dibekali Mesin Hayabusa

Melansir media India, Suzuki Jimny memiliki sekitar 70 persen konten lokal dan target produksi sebanyak 75.000 unit per tahun. Pada Januari 2021, produksi Suzuki Jimny versi tiga pintu dilakukan di pabrik, Maruti Suzuki.

Meskipun akan tetap fokus pada kepraktisan, Suzuki Jimny versi lima pintu membutuhkan beberapa penyesuaian dari versi tiga pintunya. Oleh sebab itu, proyek ini membutuhkan cukup banyak waktu.

Suzuki Jimny versi tiga pintu ini menggunakan sasis ladder on frame, mesin 4 silinder DOHC 1.500 cc dan sistem penggerak seluruh roda (AWD). Kabarnya, ketiga spesifikasi ini akan digunakan juga untuk versi lima pintunya.