Tengok 10 Mobil 1980-an Ini, Nostalgia Zaman Dulu

Tengok 10 Mobil 1980-an Ini, Nostalgia Zaman Dulu Mercedes-Benz "Tiger" W123 (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Hingga era 2019 ini mobil retro tahun 1980-an masih menjadi dambaan masyarakat. Bukan semata-mata hanya mengoleksi, tidak sedikit orang yang memiliki kendaraan tahun tua karena banyak kenangan di dalamnya. Hal ini seolah membuat pemilik bisa bernostalgia ke suatu masa. Seru ya!

Merek otomotif yang kini berkembang seperti Honda, Nissan, Toyota, dan sebagainya sudah sejak lama menemani mobilitas masyarakat Indonesia. Kali ini KabarOto menjabarkan beberapa mobil yang mengisi hari-hari di tahun 1980-an.

1. Toyota Starlet XL

Mobil ini lahir pada 1987 dan berhenti di produksi pada 1990. Toyota Starlet XL memiliki bentuk kotak namun cembung di bagian belakang.

Selain itu, desain eksteriornya dibuat tidak banyak ornamen, seperti gril dua garis yang dihias nama pabrikan di bagian tengahnya. Sementara headlamp berbentuk kotak masih menggunakan lampu halogen.

Baca Juga: Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer

Toyota Starlet XL 1987 (Foto: Wandha/KO)

Sedangkan pada bagian interiornya di dominasi dengan warna hitam, seluruh jok dibalut dengan bahan fabric bermotif garis-garis putih dan abu-abu.

Interior Toyota Starlet XL (Foto: Wandha/KO)

Toyota Starlet XL dibekali mesin 4 silinder berkapasitas 1.000 cc, mampu menyemburkan tenaga sebesar 54 dk dengan torsi maksimum 75 Nm pada torsi 3.800 rpm. Kecepatan tertingginya mencapai 150 kpj dan mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 13,5 detik.

2. Toyota Carina GT-TR

Mungkin namanya cukup asing untuk kalangan milenial, tetapi mobil ini masuk dalam keluarga Toyota Corona Sob. Mobil ini sudah lahir sejak tahun 1970 dan pada 1981 lahir generasi ketiga.

GEnerasi terakhir Carina berpenggerak roda belakang

Dengan platform A60, generasi ketiga ini adalah Toyota Carina terakhir yang menggunakan penggerak roda belakang. Carina dibuat dalam bentuk Sedan 4 pintu, Coupe 2 pintu, dan Station Wagon.

Tidak berbeda dengan mobil lain, Toyota Carina GT-TR keluaran tahun 1981 ini memiliki desain kotak. Namun, dimensinya lebih panjang dan memiliki ground clearance lebih rendah, sehingga masuk dalam kategori sedan.

Sementara bagian depannya diisi dengan dua buah lampu berbentuk bulat yang mengapit gril garis-garis. Pada sisi kap mobil juga disertai kaca spion.

Dasbor Toyota Carina (Foto: Wandha/KO)

Toyota Carina GT-TR interiornya didominasi dengan warna hitam. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur hiburan seperti tape atau radio yang bisa menemani selama perjalanan. Walaupun coupe 2 pintu, mobil ini mampu menampung hingga 5 penumpang.

Carina dengan trim GT-TR merupakan mobil yang dibekali mesin turbo DOHC. Kapasitas 1.770 cc mampu menyemburkan tenaga 160 dk.

Baca Juga: Aston Martin DB 4 Zagato Terbaru Ini Siap Manjakan Pecinta Mobil Klasik

3. Nissan Fairlady

Nissan fairlady 300ZX keluaran tahun 1985 cukup menarik perhatian sebagai mobil mewah pada zamannya. Bagaimana tidak, selain dua pintu, bagian atap kanan dan kiri penumpang dapat dibuka secara manual. Berbeda dengan sunroof atau moonroof, mobil ini tidak terbuka secara keseluruhan namun ada pembatas di bagian tengahnya.

Nissan Fairlady 1985 (Foto: Wandha)

Lampu pada bagian depan juga bisa diatur posisinya agak naik. Kerennya, pada tahun tersebut mobil ini sangat terkenal dan disenangi banyak orang. Tidak heran penjualannya mencapai 70 ribu unit. Dibekali mesin 3.000 cc mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 162 dk.

Interior dual tone bernuansa abu-abu dan krem diberi sentuhan hitam semakin memikat. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur hiburan seperti audio.

Atapnya bisa dibuka secara manual (Foto: Wandha/KO)

4. Toyota Corolla Sprinter

Mobil ini dibangun pertama kali pada 1968 dan berhenti produksi pada tahun 2000. Berbicara desain, bentuknya kurang lebih sama dengan mobil kebanyakan pada tahun 80an yang identik dengan bentuk kotak. Tetapi tidak simpel seperti biasanya, mobil ini memiliki beberapa ornamen.

Toyota Corolla Sprinter (Foto: Wandha/KO)

Misalnya gril yang merambah desain honey comb tipis dan dipermanis dengan signature varian pada bagian tengahnya. Kemudian lampu berbentuk kotak mengambil sisi kanan-kiri dan spion tambahan yang bertengger di sisi atas kap mobil. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan body side molding berwarna hitam.

Interior Toyota Corolla Sprinter (Foto: Wandha/KO)

Cukup berbeda dengan bagian luarnya yang berwarna abu-abu tua, interiornya dibalut warna biru dan krem. Sementara setirnya kontras berwarna cokelat kayu.

Toyota Corolla Sprinter yang merupakan generasi keempat ini, pada bulan Agustus mendapat dua tambahan pilihan mesin berkapasitas 1.500 cc dan 1.600 cc.

Baca Juga: Wow, Ferrari Klasik Diubah Gunakan Tenaga Listrik

5. Honda Legend

Mobil yang lahir pada 1987 ini dapat dikatakan sebagai mobil mewah. Masih dengan desain kebanyakan yang berbentuk kotak, kemewahannya terlihat pada bagian interiornya.

Honda Legend 1987 (Foto: Wandha)

Pasalnya, mobil dua pintu ini memiliki kapasitas 5-penumpang ini interiornya sudah dibalut dengan kulit secara keseluruhan, termasuk setir. Bingkai fitur audio yang ada pada bagian tengah dibalut dengan trim kayu. Selain itu, fiturnya sudah merambah ke elektrik, contohnya power window.

Honda Legend Coupe memiliki fitur sunroof, menambah nilai mewah pada mobil ini di tahun tersebut. Dimensinya dengan panjang 4.755 mm, lebar 1.370 mm, dan tinggi 1.745 mm. Mobil dengan kapasitas mesin DOHC berkapasitas 2.675 cc mampu menyemburkan tenaga sebesar 171 dk dan torsi maksimum 226 Nm.

Interior Honda Legend nampak mewah dengan balutan kulit (Foto: Wandha/KO)

6. Honda Civic Wonder SB3

Keluaran tahun 1984 ini merupakan generasi ketiga Honda Civic di produksi hingga tahun 1987, di Indonesia masih dipasarkan hingga 1991. Mobil ini keluar dengan dua tipe yaitu SB3 untuk hatchback dan SB4 untuk sedan. Pada tahun itu, mobil ini menjadi dambaan kawula muda karena desain kompak dan dinamis pada masanya.

Honda Civic SB3 1984 (Foto: Wandha.KO)

Interiornya dibalut dengan warna hitam, pada bagian dasbor terbuat dari plastik. Fiturnya sudah dilengkapi dengan audio dan AC. Beberapa tempat penyimpanan sudah ada, sehingga meletakkan barang tidak hanya di atas dasbor saja.

Baca Juga: Gokil Mini Cooper Klasik Tapi Gahar

Interior Honda Civic SB3 (Foto: Wandha/KO)

Honda Civic Wonder SB3 memiliki kapasitas mesin 1.300 cc dan belum mengusung teknologi VTEC pada katupnya. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 71 dk pada 6.000 rpm, mobil ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 160 kpj.

Tampak belakang Honda Civic SB3 (Foto: Wandha/KO)