POPULAR STORIES

Ternyata Bikin SIM Moge Gampang, Ini Penjelasannya

Ternyata Bikin SIM Moge Gampang, Ini Penjelasannya Ducati Owners Club Indonesia (DOCI)

KabarOto.com - Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C memang sudah digaungkan sejak beberapa tahun silam, tepatnya 2016. Namun, keputusan tersebut akhirnya diterapkan secara resmi mulai bulan Agustus 2021.

SIM dibagi menjadi 2 yakni C1 dan C2. Tujuannya adalah membedakan pengemudi berdasarkan kapasitas mesin motor yang digunakannya. Kabarnya, tarif pembuatan SIM tersebut juga sama dengan sim C biasa, yakni Rp 100 ribu, sementara untuk perpanjangannya dikenakan biaya Rp 75 ribu.

Baca juga: Tak Disangka, Bengkel Kecil Ini Jual Deretan Moge Murah

Wahyu selaku Denwal Pusdik Lantas Polri mengamini pernyataan tersebut, "Ya, mulai Agustus 2021 ini sudah bisa membuat SIM C1, nanti 2022 baru bisa naik tingkat ke SIM C2," ujarnya saat ditemui KabarOto, Sabtu (31/07) di lokasi.

Mengenai prosedur, pria berpostur tegap tersebut bilang kalau sama saja dengan pembuatan SIM C pada umumnya. "Semua sama, biaya, dan prosedurnya. seperti foto, uji praktik, uji teori dan lainnya," imbuhnya.

Baca juga: Komunitas Moge Tanggapi SIM C Yang Dibagi 3 Menjadi Golongan

Ketika ditanya soal unit motor yang dipakai uji praktik, ia belum bisa berkomentar banyak, "Pastinya sedang diusahakan, mengingat pandemik dan PPKM ini menjadi masalah utama untuk persiapan tersebut, nanti dikabari kalau sudah ada," jelas pria yang meniti karirnya hingga ke luar negeri tersebut.

Untuk diketahui, SIM C1 dibuat untuk pengendara 250 sampai 500 cc, sedangkan C2 diperuntukkan untuk pengendara motor dengan kapasitas mesin 500 cc hingga lebih besar.