Komunitas Moge Tanggapi SIM C Yang Dibagi 3 Menjadi Golongan

Komunitas Moge Tanggapi SIM C yang Dibagi 3 Menjadi Golongan SIM C Tiga Golongan

KabarOto.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengesahkan penggunaan SIM C untuk roda dua, terbagi menjadi tiga kelompok kendaraan yang dibedakan melalui kapasitas mesin dan motor listrik.

Pembagian kelompok SIM C sudah disahkan dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 tahun 2021 yang menyebutkan bahwa SIM C digolongkan dalam tiga bagian, dalam Pasal 3 ayat 2.

Baca juga: IMI Minta Dilibatkan Dalam Pembuatan SIM Internasional

SIM C, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc.

Sementara SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Pengguna sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc

SIM CII, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Lalu bagaimana pengguna motor gede menanggapi kebijakan ini?

Donny, Presiden Royal Riders Indonesia (RORI) menyatakan, melihat efektivitas belum teruji, namun jika menilik dari safety riding, sangat berguna. Namun harus didasari juga dengan ilmu.

"Karena handling motor 250 cc dengan 1000 cc pasti beda dan diperlukan skill dan handling yang lebih baik lagi," terangnya, saat dihubungi KabarOto belum lama ini. Jadi, menurutnya, pembagian SIM akan berguna jika diiringi dengan pembelajaran dan penerapan ilmunya.

Komunitas Royal Riders Indonesia (RORI)



"Tapi kalau hanya sekedar mencari pemasukan, lebih karena dikira yang cc besar pasti lebih banyak uang adalah salah," terangnya lagi.

Baca juga: SIM C Dibagi 3 Golongan, Ini Cara Mendapatkan SIM C1 Dan C2

Bagaimana ia menerapkan aturan baru ini untuk anggota komunitasnya?

Menurut Donny, komunitas tidak berpengaruh dengan SIM ini, karena mereka sudah melakukan pembelajaran mandiri dengan memanggil instruktur yang berpengalaman, mengajari handling dan skill yang baik untuk motor besar.

"Jadi mau SIM C atau CI atau CII kalo dikita tidak terlalu berpengaruh, karena belum tentu mengerti safety riding yang benar," turup Donny.

Oleh karena itu, menurutnya RORI akan membekali safety riding untuk seluruh anggotanya.