POPULAR STORIES

Tidak Ada Rahasia, Regulasi Baru F1 Harus Ungkap Setiap Pengembangan

Tidak Ada Rahasia, Regulasi Baru F1 Harus Ungkap Setiap Pengembangan Foto : F1

KabarOto.com - FIA menerapkan regulasi baru pada gelaran F1 2023, pasalnya setiap tim sekarang harus membeberkan pengembangan apa saja yang telah dilakukan menjelang balapan.

Nantinya setiap tim harus memamerkan setiap komponen, sebelum dimulainya sesi latihan bebas pertama. Regulasi ini dikenal sebagai sesi ‘show and tell’.

Baca juga: Kenapa Mobil F1 2023 Minim Livery?

Jadi setiap tim wajib memberi informasi kepada FIA tentang komponen, part aerodinamis dan bodi utama apa saja yang akan digunakan.

Sebelum dimulainya sesi Latihan Bebas 1 pada Jumat, tim harus menyiapkan mobil masing-masing di luar area garasi, tujuannya agar media dapat melihat dari dekat untuk melihat komponen baru yang digunakan

Baca juga: Aston Martin DBX 707 Jadi Medical Car F1 2023

"Jika hanya satu mobil yang menggunakan komponen aerodinamika, dan bodi baru pada kompetisi atau pengujian mobil sebelumnya, dan menggunakannya di kompetisi setelahnya, mobil ini harus ditampilkan kepada media,” bunyi pernyataan FIA.

Selain itu regulasi power unit atau mesin juga setiap pemasok harus memberikan secara detil setiap spesifikasinya. "Setiap Produsen Power Unit yang terdaftar harus hadir di satu kompetisi selama semusim untuk memberikan presentasi ke media dengan durasi minimal 30 menit," tambah pernyataan itu.