POPULAR STORIES

Toyota Chasing The SunRaize, Pembuktian Suspensi Tangguh

Toyota Chasing the SunRaize, Pembuktian Suspensi Tangguh Foto: Fayon

KabarOto.com - Usai mengagumi sunrise di puncak Kintamani, sempat berpikir apakah akan berlanjut ke wilayah Amed-Bunutan untuk mengejar matahari terbit. Merupakan titik indah untuk melihat sinar keluar dari sisi gunung Rinjani, dengan pemandangan hamparan lautan. Sebab kami mengarahkan Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS ke wilayah Karangasem, di mana hari itu (16/10) merupakan pusat dari gempa 5 SR.

Beberapa informasi kami kumpulkan, titik-titik longsoran coba dihindari. Sehingga memutuskan mengambil jalur sedikit melambung ke tengah Bali, turun ke arah Ubud dan kembali lagi meniti pinggiran pantai di Pura Goa Lawah, kemudian mengarah ke Jalan Ida Ketut Jelantik dan lanjut ke Pantai Amed. Tak berhenti di kawasan Amed, perjalanan lanjut ke bekas kapal perang Jepang yang karam.

Baca juga: First Drive Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS

Jalanan yang dilewati terbilang mulus dan tak terlalu padat, karena kemungkinan masyarakat masih sibuk merapikan rumah akibat dampak guncangan gempa. Menuju Bunutan dengan jalur yang dilintasi menempuh sekitar 118 km. Transmisi CVT yang bisa dimainkan 6 percepatan, terbilang mulus. Belum lagi operasional di posisi S, memberikan teriakan putaran mesin dan pastinya lebih responsif. Bisa digunakan untuk menyalip beberapa truk yang beriringan kelebihan muatan di beberapa tanjakan.

Menurunkan posisi gigi melalui paddle shift juga bisa dilakukan sebagai membantu deselerasi. Tak terlalu menyentak ketika digunakan untuk membantu pengereman, bahkan tendangan kian responsif ketika usai keluar tikungan.