POPULAR STORIES

Toyota GR Starlet Bakal Lakoni Debutnya Di WRC

Toyota GR Starlet Bakal Lakoni Debutnya di WRC Toyota TGR Starlet (Foto: IG tgrsouthafrica)

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing mendaftarkan Toyota GR Starlet pada balapan World Rally Champhionship (WRC), setelah memulai debutnya di Afrika Selatan.

Toyota GR Starlet akan menjadi model kedua dari Toyota yang akan mengikuti Kejuaraan Reli Dunia, menemani Toyota GR Yaris Rally1. Sebagai informasi, Toyota GR Starlet menggunakan basis Toyota Glanza generasi yang merupakan kembaran dari Maruti Suzuki Baleno.

Meskipun Toyota Gazoo Racing belum merilis foto resolusi tinggi, namun dari bocoran GR Starlet akan menggunakan wide bodykit dan livery Gazzo Racing. Selain itu, ubahan paling terlihat pada fender depan, kap mesin berventilasi, roof scoop dan spoiler belakang memiliki ukuran besar.

Baca juga: Toyota Starlet Baru Gunakan Basis Baleno, Ini Alasannya

Toyota Starlet yang dipasarkan di Afrika Selatan

Sementara itu, pada bagian kabin dirombak sesuai regulasi keselamatan yang ditetapkan oleh FIA.

Versi mobil balapnya sedikit mirip dengan versi standarnya, terutama dari segi sasis dan performa. Dibekali mesin bensin 4 silinder DOHC turbo 2.000 cc dengan ECU Motec. Meskipun Toyota belum merilis angka performanya, namun menurut laporan media lokal, setidaknya mesin ini memiliki tenaga 200 dk.

Baca juga: Toyota 4Runner Bernuansa Retro Diproduksi Terbatas

Mesin tersebut dipadukan penggerak seluruh roda (AWD) dan transmisi sekuensial. Selain itu, Toyota GR Starlet juga mendapatkan perlengkapan Reiger, rem Alcon, dan pelek racing, yang memastikan performa maksimal di medan sulit.

Toyota GR Starlet akan melakukan debut balapnya di Cape Overberg Rally di Afrika Selatan dan dikendarai oleh mantan juara Reli Nasional Afrika Selatan, Guy Botterill (pengemudi) dan Simon Vacy-Lyle (co-driver).