Toyota Majesty, MPV Mewah Pengganti Ventury Untuk Pasar Thailand

Toyota Majesty, MPV Mewah Pengganti Ventury untuk Pasar Thailand Foto: Toyota

KabarOto.com – Toyota belum lama ini mengeluarkan produk terbarunya. Kabarnya, Toyota Motor Thailand Co. (TMT) telah merilis minivan teranyar mereka yakni Toyota Majesty, yang mulai dipasarkan untuk pasar otomotif Thailand. Mobil ini sudah diperkenalkan kepada publik pada ajang Bangkok International Grand Motor Sale pada 16 Agustus 2019 lalu.

Toyota Majesty dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Toyota Alphard dan Vellfire. Meskipun dibanderol lebih murah, produksi MPV ini didasarkan pada Toyota Hiace van generasi terbaru.

Di pasar Thailand, Toyota Majesty digadang-gadang akan menjadi pesaing Hyundai Starex dan VW Caravelle. Puluncuran Toyota Majesty di pasar Thailand menggantikan minivan pendahulunya yaitu Toyota Ventury.

Baca juga: HiAce Premio Tampil Lebih Moderen Dan Lega

Dimulai dari bentuk eksteriornya, terdapat peningkatan dimensi yang membuatnya terlihat lebih besar dibandingkan Toyota Ventury. Memiliki dimensi panjang 5.265 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 1.990 mm serta wheelbase 3.210 mm.

Jika dibandingkan Toyota Alphard maupun Velfire, dimensi Toyota Majesty terlihat lebih bongsor dibanding kedua MPV mewah itu, memiliki ukuran lebih panjang 320 mm, lebih lebar 100 mm, dan lebih tinggi 95 mm serta wheelbase lebih panjang 210 mm.

Baca juga: Test Drive - New Toyota Hilux 4x4 2018

Eksteriornya dibekali fitur yang lebih mewah. Di bagian depan sekilas terlihat seperti Toyota Alphard dengan krom yang banyak di bagian gril, penerangannya sudah menggunakan lampu model proyektor dengan bohlam LED, dipadukan LED DRL dan fog lamp LED di ujung bumper, membuatnya tampak modern.

Bergeser ke samping, tampilan semakin mewah dengan krom pada bagian gagang pintu dan side skirt, pintu geser elektrik dan pelek berukuran 17 inci. Pintu sudah menggunakan teknologi keyless entry untuk akses keluar masuk semakin mudah. Bergeser ke bagian belakang, lampu sudah menggunakan LED, membuat tampilan lebih modern.

Baca juga: Kedua Putra Jokowi Jajal Fasilitas Di Kantor Toyota Indonesia

Beralih ke bagian interior, kabin terlihat mewah dan elegan berkat penggunaan warna hitam yang mendominasi. Aksen ini dikombinasikan panel kayu di bagian atas setir, tutup laci dan di area door trim. Terdapat peningkatan berupa penambahan sepasang kursi besar di baris kedua, dan beberapa modifikasi di kursi belakang.

Masih di bagian interior, minivan ini hadir sebagai kendaraan mewah 4 baris penumpang dengan 11 kursi dalam formasi 3-2-2-4, interior semakin mewah dan nyaman didukung kursi dengan bahan kulit.

Baris kedua merupakan baris yang paling memanjakan, karena didukung kursi captain seat untuk kemudahan akses baris ketiga, sandaran kepala, sandaran kaki, fungsi pijat elektrik, dan electric seat.

Sebagai minivan mewah perlu dibekali dengan teknologi canggih, Toyota Majesty dibekali 7 port USB dan layanan komunikasi T-Connect Toyota Thailand. Sistem hiburannya menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci, yang terhubung dengan 12 speaker, terdapat konektivitas Bluetooth dan memiliki sistem navigasi.

Beralih ke dapur pacu, Toyota membekali Majesty dengan mesin diesel turbocharger berkapasitas 2.800 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 163 dk dan torsi 420 Nm, tenaga mesin ditransfer melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Memastikan keselamatan penumpang selama perjalanan, Toyota membekali mobil ini dengan rem ABS, EBD dan BA, Vehicle Stability Control, auto limited slip differential, hill assist control, emergency stop signal, dan tyre pressure monitoring system.

Terdapat sistem keselamatan Toyota Safety Sense yang menjadi standar pada semua trim Toyota Majesty. Sistem keselamatan ini mencakup Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control dan Automatic High Beam.

Berkendara semakin aman didukung sistem blind spot monitor, rear cross traffic alert dan panoramic view monitor untuk kemudahan saat parkir. Mengurangi dampak tambrakan dari berbagai sisi, terdapat 9 airbag yang mana dua di antaranya adalah curtain airbag.

Baca juga: 7 Fitur Canggih Bus Ramah Lingkungan Toyota Sora

Terdapat 3 varian Majesty yang dipasarkan untuk saat ini, yaitu varian standar, premium, dan Grande sebagai trim termahal Majesty. Varian standar dibanderol dengan harga US$ 55.296 atau setara sekitar Rp 786 jutaan, varian premium dibanderol US$ 61.444 atau setara Rp 873,9 jutaan, dan trim termahal Grande yang dipasarkan dengan harga US$ 71.150 atau sekitar Rp 1,01 miliar.

Sayangnya, Toyota Majesty baru mulai dipasarkan di pasar otomotif Thailand, di Indonesia sendiri belum ada pernyataan resmi tentang kapan minivan mewah ini akan dipasarkan. (Nora Dian Pratama)