POPULAR STORIES

Toyota Rush Di Malaysia, Fitur Lebih Komplet!

Toyota Rush di Malaysia, Fitur Lebih Komplet! Foto: paultan.org

KabarOto.com – Toyota dengan LSUV andalannya Rush memang laku di pasaran Indonesia. Namun tak hanya di Tanah Air, Toyota Rush juga rilis di Malaysia. Nah apakah ada perbedaan dari versi SUV Avanza ini? Mari kita ulas.

Melihat Rush versi Malaysia ini, perbedannya lebih pada aksesori di eksterior. Misal dari bumper depan, ada perbedaan sedikit yang membuat tampilan versi Malaysia lebih tebal.

Baca Juga: Sejarah Toyota Rush Dari Masa Ke Masa

Contoh, pada bagian fog lamp di bumper depan versi Malaysia. Mobil ini memiliki desain yang lebih tajam, dan overfender yang modelnya menyatu sampai fog lamp.

Pada underguard depan juga terlihat lebih macho dengan model 3 undakan, ketimbang versi lokal yang berwarna abu-abu, hanya bertulis TRD dengan lis merah.

Bagian samping juga terdapat ubahan minor pada bagian side body moulding. Dimana versi Malaysia memiliki model lebih panjang dari fender sampai ke bagian pintu belakang, dengan aksen garis putih di atasnya. Sementara, untuk versi lokal, Rush hanya menutupi sebagian pintu depan dan belakang.

Baca Juga: Profil - Toyota C-HR 2018

Lanjut ke belakang, jika Rush lokal tidak mempunyai aksesori apapun di antara lampu rem kanan-kiri, versi Malaysia memiliki aksesori beraksen hitam gloss, berpadu warna abu-abu doff di antara lampu rem.

Sedang pada bumper belakang, desain Rush Malaysia lebih terlihat sederhana dengan aksen abu-abu panjang dan mata kucing yang berbentuk persegi panjang. Sementara bumper belakang Rush lokal lebih terasa sporty, dengan model 2 tone hitam-abu, berembos TRD dengan aksen merah.

Lanjut ke fitur bawaan. Panoramic view monitor dengan 4 kamera atau biasa disebut kamera 360, sudah disematkan seperti versi lokal. Digital Video Recorder (DVR), 6 buah airbag, traction control, hill start assist, ABS, EBD, brake assist, vehicle stability control pun tersedia.

Ada juga Toyota AutoTag built-in, SmartTAG ini adalah fitur yang mirip dengan e-toll pass, dan fitur yang tidak ada untuk Rush pasar Indonesia seperti ‘Safe-T Plus’ package, blind spot monitor with rear-cross traffic alert, dan Pre-Collision System.

Sedikit penjelasan untuk Pre Collision System, layaknya autonomous emergency braking systems. Sistem ini akan mendeteksi sesuatu yang ada di depan mobil, dan memberi peringatan pada pengendara. Jika pada kecepatan tertentu pengemudi tidak mengerem, mobil akan mengerem secara otomatis.

Untuk menikmati sistem ini, hanya ada di varian ‘S’ Malaysia. Oh iya, tidak ada varian TRD Sportivo untuk Malaysia, karena digantikan ‘S’.

Baca Juga: Profil – Toyota New Alphard

Dari fitur Pre Collision tersebut, front departure alert juga disisipkan sekalian untuk menjaga pengendara tetap di jalurnya. Lalu ada Pedal Misoperation Control, yang befungsi jika pengendara bablas menginjak pedal gas.

Mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi Dual-VVT-i masih dipercaya untuk Rush Malaysia. Namun, punya fitur lebih lengkap dan aksesori sedikit berbeda. Menariknya adalah Rush ini tetap buatan pabrik Toyota di Indonesia loh.

Dengan fitur yang lebih lengkap, berapa harga untuk Rush Malaysia? Jawabannya adalah Rush ini dibanderol Rp 339 - 358 juta. (Deddy Darmanto)