Wah... Polisi Bakal Tambah 45 Unit Kamera CCTV ETLE Di Jakarta

Wah... Polisi Bakal Tambah 45 Unit Kamera CCTV ETLE di Jakarta Ilustrasi kamera CCTV ETLE (KO/Edo)

KabarOto.com - Pengendara yang sering melintasi jalur protokol Jakarta, rasanya harus lebih taat peraturan nih. Sebab, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, berencana memperluas area jalan yang diterapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Nantinya, sebanyak 45 unit kamera berteknologi canggih bakal dipasang di sejumlah area. Puluhan Kamera ETLE itu akan menambah kamera yang sudah terpasang saat ini, yakni 12 kamera.

Baca Juga: Hati-hati! Ngebut Di Tol Wilayah Jabodetabek Bakal Kena Tilang ETLE

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengungkapkan, kamera tambahan akan ditempatkan di lokasi-lokasi dengan arus lalu lintas tinggi.

Ilustrasi capture CCTV tilang ETLE

"Mulai dari Kota Tua sampai dengan Harmoni, kemudian Medan Merdeka Barat, Thamrin, Sudirman, dan Blok M. Kemudian dari Grogol dan Gatot Subroto sampai ke Halim," kata Yusuf, dalam keterangannya, Rabu (09/10).

Selanjutnya, kamera ETLE juga akan dipasang di jalan Rasuna Said, Kuningan, lalu dari mulai Cawang hingga Cempaka Putih.

Bakal dipasang juga di jalur Transjakarta

Tak hanya jalur arteri, Ditlantas juga akan memasang kamera ETLE di jalan Tol Dalam Kota dan busway yang bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Baca Juga: Polisi Bakal Terapkan Tilang ETLE Di Jalur Busway

Yusuf menambahkan, pada jalan tol kamera bakal merekam dengan sistem speedcam. Artinya, alat tersebut bisa mengukur kecepatan kendaraan, yang melintas pada posisi kamera tersebut.

"Khusus di jalan Tol Dalam Kota, ETLE sudah terpasang dan siap diterapkan. Untuk sementara, kamera ditempatkan di Gerbang Tol Semanggi dan Kuningan," pungkas Yusuf.

Wah, jangan sampai melanggar ya sobat KabarOto!