POPULAR STORIES

Wajah Segar Toyota Hilux Akan Meriahkan Dakar Rally 2021

Wajah Segar Toyota Hilux akan Meriahkan Dakar Rally 2021

KabarOto.com - Bersiap hadapi Dakar Rally 2021, yang digelar di Arab Saudi pada 3 Januari, Toyota Gazoo Racing sudah persiapkan empat unit Toyota Hilux.

Tiap unit akan dipercayakan kepada satu pilot dan navigator yakni Nasser Al-Attiyah dan navigator Mathieu Baumel; Giniel de Villiers dan navigator Alex Haro; rookie Henk Lategan dan navigator Brett Cummings; terakhir adalah Shameer Variawa dan navigator Dennis Murphy.

Baca juga: KTM 690 Enduro R dan KTM 690 SMC R Lansiran 2021, Siap Dibawa Bertualang



Toyota ingin tetap koleksi piala di setiap gelaran Dakar, semenjak Toyota Gazoo Racing ikut tahun 2012.

Toyota Hilux teranyar menjadi andalan untuk Toyota Gazoo Racing mengeksplorasi gurun pasir di wilayah Jeddah. Rancang bangun Hilux dilakukan oleh tim di dekat sirkuit Kyalami di Johannesburg, Afrika Selatan.



Pengembangan berbasis dari Hilux tahun 2018, menempatkan mesin di tengah. Kemudian suspensi independen bagian belakang dan sistem gerak empat roda jadi andalan. Terbilang kompetitif, karena langsung sabet podium dua dan tiga tahun 2018, berlanjut kemenangan tahun 2019 dan posisi dua di tahun 2020.



Tentunya ada pembaruan signifikan dari SACCS, meski tak menampik bahwa layout keseluruhan dan geometri Hilux tak ada ubahan. Penataan ulang suspensi dan mesin V8 telah dipastikan mampu bertahan di kondisi ekstrem. Yup, tampilannya kini lebih segar, seperti versi produksi Toyota Hilux.

Baca juga: Michelin e.Primacy Bisa Hemat Bahan Bakar Rp 1,3 Juta



Nah, untuk perjalanan Dakar kali ini masih memakai rute Dakar 2020. Start pada 3 Januari, berlanjut istirahat pada 9 Januari di Ha'il dan berakhir kembali di Jeddah pada 15 Januari 2021.



"Kami sangat menyambut antusias Dakar Rally 2021, apalagi selepas pandemik Covid-19, tentunya ini berpengaruh terhadap dunia balap tahun ini," ujar Glyn Hall, Team Principal Toyota Gazoo Racing.