POPULAR STORIES

17 Tahun Absen, Toyota Akhirnya Cicipi Kemenangan Lagi Di Ajang World Rally Championship

17 Tahun Absen, Toyota Akhirnya Cicipi Kemenangan Lagi di Ajang World Rally Championship Jari Matti Latvala dan ikka Anttila merayakan kemenangan di WRC Swedia. (foto: Getty Images)

Diprediksi hanya akan menjadi pelengkap pada musim ini, Toyota sukses menandai comeback mereka di ajang World Rally Champions (WRC) dengan kemenangan Matti Latvala di Swedia.

Latvala harus bersaing ketat dengan duo pembalap M-Sport Ford, Ott Tanak dan juara dunia empat kali Sebastian Ogier, untuk memberikan kemenangan perdana untuk Toyota sejak terakhir menjadi yang teratas pada 1999 silam.

"Ini sungguh perasaan yang luar biasa untuk memenangkan putaran World Rally Championship setelah rehat selama 17 tahun," kata presiden Toyota, Akio Toyoda, dilansir NZHerald.

"Saya selalu menantikan momen seperti ini, namun saya tak pernah membayangkan datangnya terlalu cepat. Ucapan terima kasih spesial bukan hanya untuk setiap anggota tim, tapi juga seluruh penggemar yang menunggu kembalinya kami."

Matti Latvala menuju kemenangan di Swedia.
Matti Latvala menuju kemenangan di Swedia.

Sementara itu ketua tim GAZZOO Racing WRC, Tommi Makinen, yang merupakan juara dunia empat kali di era 1990an, juga turut menyuarakan kegembiraan atas kemenangan Latvala di seri kedua WRC 2017.

"Sulit menemukan kata-kata untuk menggambarkan perasaan saya saat ini. Yang kami rasakan sekarang adalah apa yang semua kita rasakan," ujarnya.

Tentu saja ini pencapaian yang begitu luar biasa bagi Toyota yang baru saja menjalani debutnya lagi. Pada seri pertama di Monte-Carlo sebelumnya, Latvala berhasil menduduki peringkat kedua klasemen, di belakang Sebastien Ogier.

"Hasil di Monte-Carlo sungguh tak diduga, namun sekarang lebih dari yang tak terduga. Tentu saja kami beruntung dengan kemenangan ini, tapi juga pujian terbesar kepada bakat Jari-Matti dan kerja tim yang ada di Finlandia, Jerman dan Jepang," paparnya lebih lanjut.

"Ini sebuah perasaan yang terasa menakjubkan dan saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang telah membuat ini terjadi," pungkas Makinen.

Berita Terkait

Berita Terkait