POPULAR STORIES

Agar Konversi Motor Listrik Lebih Murah, Pemerintah Sedang Cari Investor Baterai Swap

Agar Konversi Motor Listrik Lebih Murah, Pemerintah Sedang Cari Investor Baterai Swap Motor konvensional yang sudah diubah menjadi listrik

KabarOto.com - Selain mendorong penjualan motor listrik di Indonesia, Pemerintah juga melakukan upaya untuk mengkonversi motor konvenional ke listrik. Biayanya Rp 17 jutaan. Agar lebih murah lagi dan terjangkau, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mencari investor penyedia baterai swap. Sehingga, pemilik motor bisa menukarkan baterainya di Stasiun penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Upaya itu dilakukan agar minta masyarakat untuk mengkonversi motor listrik yang ditargetkan mencapai 50 ribu sampai tahun 2023 tercapai.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik Hanya Rp 10 Juta, Ini Perangkat Yang Diganti

"Target strategi jangka panjangnya supaya masyarakat tertarik untuk melakukan konversi adalah kan baterai mahal, kalau di kedaraan lstrik sampai 40%-50% dari biaya kendaraan," terang Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) Senda Hurmuzan Kanam.

Motor berbahn bensin siap dikonversi menjadi listrik (Foto: KabarOto)

Investor swap baterai ini nantinya akan menjadi operator dan investor. "Adanya investor swap baterai ini, motor listrik ini tidak perlu membeli baterai, cukup hanya tukar saja," ungkap Senda, belum lama ini di Jakarta.

Target ke depannya biaya konversi lebih murah. "Seperti yang dilakukan PLN, masyarakat datang dengan subsidi dari pemerintah, dan ada investor swap baterai sehingga masyarakat tertarik untuk konversi," jelas Senda lagi.

Demi menarik masyarakat mengkonversi, upaya lain yang dilakukan adalah menerbitkan regulasi pendukung yaitu melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2023 yaitu tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik Di 24 Bengkel Ini Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Selain regulasi menurut dia, Pemerintah juga tengah memberikan bantuan potongan biaya konversi sepeda motor listrik sebanyak Rp 7 juta per unit.
Bantuan tersebut diberikan Kementerian ESDM kepada Bengkel Konversi berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE. Sudah ada 24 bengkel konversi UMKM bersertifikat Kementerian Perhubungan.