POPULAR STORIES

Konversi Motor Listrik Di 24 Bengkel Ini Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Konversi Motor Listrik di 24 Bengkel Ini Dapat Subsidi Rp 7 Juta Sebuah motor 250 cc yang sudah dikonversi menjadi listrik (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah tengah mendorong pabrikan motor untuk memasarkan motor listrik, agar bisa digunakan oleh masyarakat, untuk mendukung program elektrifikasi yang sedang dijalankan. Subsidi pun diberikan, untuk beberapa merek motor, agar bisa terjangkau harganya oleh konsumen.

Tak hanya itu, subsidi sebesar Rp 7 juta juga diberikan untuk mereka yang ingin mengkonversi motor konvensional ke listrik. Kementerian ESDM mencatat, saat ini sudah ada 24 bengkel konversi di seluruh Indonesia, yang siap mendukung program tersebut. Bahkan terus ditambah menjadi 1.000 bengkel.

Baca Juga: Kementerian ESDM Paparkan Manfaat Konversi Motor Listrik

Senda Hurmuzan Kanam, Kepala Balai Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan dan EBTKE Kementerian ESDM, yakin pengguna motor listrik akan bertambah, seiring banyaknya bengkel konversi.

“Kita targetkan saat ini sudah ada 24 bengkel binaan, ke depan diharapkan mencapai sampai 1.000 bengkel,” terang Senda, di Jakarta Selatan (07/06/2023).

Motor berbahan bakar bensin yang siap dikonversi ke listrik

Dari jumlah itu, pihaknya berharap target 50.000 unit motor konversi tahun ini dan target 150.000 unit di tahun depan atas bantuan pemerintah bisa dilakukan oleh bengkel-bengkel UMKM dan bengkel binaan.

Di tempatyang sama, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Kelistrikan Sripeni Inten Cahyani, mengatakan, sampai sekarang ada 100 unit motor yang sudah diubah dari konvensional ke listrik. Jumlah tersebut meningkat 147 unit, jika ditambah dari kementerian dan Lembaga Pemerintah lainnya.

"Niatnya mau perkenalkan, mengajak masyarakat mencoba motor listrik hanya dengan setengah harga dari motor baru," terang Inten.

Sebagai informasi, untuk mengkonversi motor listrik biayanya sebesar Rp 17 juta, Pemerintah memberikan subsidi Rp 7 juta.

Sisanya, konsumen yang harus menanggungnya. Namun jangan khawatir, Pemerintah juga akan menghadirkan lembaga keuangan dan Bank guna meringankan masyarakat yang memang berniat untuk mengkonversi.

Baca Juga: Elders Garage Siap Berbagi Ilmu Konversi Motor Listrik

Berikut daftar bengkel konversi yang siap mengubah motor konvensional menjadi listrik:

1. Litbang/BBSP KEBTKE - KESDM - Bogor/Jakarta
2. PT. Braja Elektrik Motor - ITS Surabaya
3. Elders Garage - Jakarta
4. Percik Daya Nusantara - Bali
5. PT. Tri Mentari Niaga/ BRT - Bogor
6. PT. Cogindo daya Bersama - Cirebon
7. PT. Mitra Metal Perkasa - Karawang
8. PT. Ide Inovatif Bangsa - Jawa Barat
9. PT. Spora EV - Jakarta
Wortes
10. PT. Sarana Makmur Sejahtera- Mojokerto
11. Juara Bike/ Selis- Tangerang
12. PT. Nagara Sains Konversi- Jakarta
13. PT. Handhika Garda Parama - Jakarta
14. PT. Strum Techology Asia - Jakarta
15. CV. Karya Kartanagari Group - Bogor
16. Politerkik Negeri Jakarta - Jakarta
17. PTDI - STTD - Bekasi
18. PT. Electric Vehicle Trimotorindo
19. PT. Ekoelektrik Konversi Mandiri
20. DIKST ITS - Surabaya
21. PT Roda Elektrik Gemilang - Bali
22. PT Solusi Intek Indonesia - Bekasi
23. SMAN 2 JEMBER
24. SMK Muhammadiyah Kartasura