Alasan Pabrikan Motor Gunakan Piringan Rem Cakram Bergelombang

Alasan Pabrikan Motor Gunakan Piringan Rem Cakram Bergelombang Piringan cakram bergelombang

KabarOto.com - Rem cakram memiliki peran penting pada sebuah kendaraan. Rem ini terdiri dari piringan yang dijepit kaliper, daya cengkramnya lebih baik dibandingkan tromol. Rem cakram ini modelnya ada beberapa jenis, bulat dan juga bergelombang atau biasa disebut wave disc-brake.

Saat ini, banyak motor-motor keluaran terbaru menggunakan model piringan bergelombang ini untuk bagian depan. Salah satunya adalah All New Honda CBR150R yang baru saja diperkenalkan oleh Astra Honda Motor.

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Lalu apa yang membuat model piringan ini digunaan oleh produsen motor untuk produk-produk barunya, apakah lebih aman? Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, ada tiga keunggulan menggunakan wave disc-brake.

"Model ini pelepasan panasnya lebih baik dibanding yang bulat biasa. Hal itu, karena luas permukaannya lebih sedikit dibanding model bulat. "Kalau suhu piringan itu dingin, pengereman bisa lebih pakem," ujar Endro.

Selain itu, wave disc brake juga tidak cepat kotor. "Karena titik pertemuan antara piringan cakram dengan kaliper itu kan berselang," tambahnya. Hal itu yang membuat kampas rem tidak tertumpuk kotoran.

Baca Juga: Rem Cakram Motor Blong? Ini Yang Harus Dilakukan

Selain itu, keunggulan lain dari model piringan ini lebih ke penampilan. "Model ini membuat sepeda motor jadi lebih terlihat gahar dan sporty," tambah Endro. meski banyak keunggulan, namun perawatan piringan cakram bergelombang ini sama dengan model bulat. Komponennya juga banyak di bengkel-bengkel motor resmi.