Buat Rem Ala BBK Dengan Oversize Rotor

Buat Rem ala BBK dengan Oversize Rotor Foto : Deddy / KO

KabarOto.com - Biasanya jika memodifikasi mesin mobil agar lebih kencang, orang sering lupa untuk meng-upgrade juga sistem pengeremannya. Sebab daya kekuatan rem mobil standar pasti tidak diperuntukan untuk performa tinggi.

Upgrade sistem pengereman ini bisa dilakukan berbagai cara, misalnya mengganti kampas rem racing, atau ganti BBK dengan piston lebih banyak. Tapi ada cara baru nih buat upgrade rem kalian, yakni dengan cara oversize rotor atau memperbesar piringan rem.

Rem terdiri dari 2 bagian atau 2 piece.

“Oversize rotor ini memperbesar piringan rem bawaan standar, sehingga diameter pastinya lebih besar. Disini kita juga pakai merek Runstop buatan Thailand,” ujar Erik selaku Manajer Banteng Mas.

Baca Juga : BMW M2 Competition Karya Futura 2000

Nah ada beberapa kelebihan jika kita menggunakan rotor dari Runstop ini, salah satunya pengereman pasti lebih baik sebab diameter lebih besar, lalu slot ventilasi dapat melepas panas lebih cepat ketimbang standar.

Ada juga yang ukurannya sesuai OEM, namun dengan ventilasi tambahan.

“Kita jual ada buat Honda Civic, Honda HR-V, Honda City, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Furtuner. Semua itu sudah plug and play, karena dalam paketnya sudah ada mounting tambahan. Serta enggak perlu ganti kaliper dan sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga : Mau Pasang Deck Cover? Coba Cari Di Sini Sob!

Oh iya kalau mau pasang oversized rotor ini, setidaknya kalian harus sudah ganti pelek yah sob, minimal naik 1 inci dari ukuran standar. Sebab dikhawatirkan karena ukuran makin besar, kaliper mentok ke pelek.

Soal harganya cukup terjangkau kok ketimbang BBK, yakni mulai dari Rp 5 jutaan hingga paling mahal Rp 13,5 juta. Hayo siapa yang mau buat mobilnya punya rem ala mobil sport yang rotornya berukuran besar dan terlihat padat? Langsung deh ke workshop-nya Banteng Mas di MGK Kemayoran.