POPULAR STORIES

Cara Kemenhub Matangkan Pelaksanaan Zero ODOL 2023

Cara Kemenhub Matangkan Pelaksanaan Zero ODOL 2023 Truk ODOL masih berkeliaran di jalan Tol (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemantapan tahapan jelang pelaksanaan program Zero Over Dimension Over Loading (ODOL) pada tahun 2023 terus dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Peta jalan tahap pemantapan pelaksanaan Zero ODOL 2023 ini akan dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi final.

Baca Juga: Menuju Indonesia Bebas ODOL, Polri Gelar Razia Di Tol Jakarta - Merak

"Seiring dengan optimalisasi kinerja para stakeholders lainnya," ujar Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Cucu Mulyana.

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat selama beberapa tahun terakhir telah berupaya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pengemudi truk dan juga asosiasi terkait, misalnya karoseri, perusahaan logistik, hingga operator.

Selain itu Kemenhub bersama Polri juga terus melakukan pengawasan dan penindakan meliputi transfer muatan hingga sanksi tilang kendaraan.

Ia mengatakan pada periode Januari sampai November 2022 telah diperiksa sebanyak sekitar 1,9 juta kendaraan. Dari jumlah tersebut, sekitar 29 persen atau sebanyak 550 ribu kendaraan dinyatakan melanggar ketentuan.

Truk bermuatan lebih (Foto: KabarOto)

Adapun jenis kendaraan pelanggaran terbanyak adalah pelanggaran daya angkut, dengan kelebihan muatan antara 5 persen hingga 40 persen. Kemudian sisanya berupa pelanggaran dokumen.

"Kendaraan yang kami periksa ini yang masuk ke jembatan timbang, tidak sedikit atau bisa jadi lebih banyak kendaraan yang tidak masuk jembatan timbang," ujarnya.

Lebih lanjut Cucu menyampaikan Ditjen Perhubungan Darat tengah memperbaiki tata kelola uji berkala, proses Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT), Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) sebelum masuk pada tahapan pelaksanaan Zero ODOL.

Ia mengatakan penggunaan teknologi dan pengembangan integrasi sistem akan dilakukan oleh seluruh unit di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, dengan sistem tilang elektronik Korlantas Polri.

"Pelaksanaan Zero ODOL penegakan hukum di seluruh aspek berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku, diharapkan dapat dilakukan di semester II tahun 2023 bersama-sama dengan Kepolisian," katanya.

Baca Juga: Menuju Indonesia Bebas ODOL, Polri Gelar Razia Di Tol Jakarta - Merak

Seperti diketahui truk ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol dan meningkatkan risiko kecelakaan serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu peningkatan anggaran untuk pemeliharaan jalan nasional, jalan tol, dan jalan provinsi dengan rata-rata Rp 43,45 triliun per tahun.