POPULAR STORIES

Menuju Indonesia Bebas ODOL, Polri Gelar Razia Di Tol Jakarta - Merak

Menuju Indonesia Bebas ODOL, Polri Gelar Razia di Tol Jakarta - Merak Korlantas Polri gencar melakukan razia, untuk mencapai Zero ODOL tahun 2023 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Pemerintah saat ini sangat tegas terhadap truk berlebih muatan atau biasa disebut Over Dimension Over Loading (ODOL). Karena, tahun 2023 Indonesia ditargetkan menjadi negara yang bebas kendaraan ODOL.

Sejalan dengan rencana tersebut, Petugas Kepolisian beserta Dinas Perhubungan di berbagai daerah mulai gencar melakukan operasi terhadap truk yang berlebuh muatan tersebut.

Baca juga: Serius Berantas Truk ODOL, Polri Dan Kemenhub Potong Dump Truk Di Banyuwangi

Seperti yang dilakukan petugas Induk PJR Serang Korlantas Polri, mengadakan operasi penertiban dan sosialisasi pelanggaran ODOL, di rest area KM 68 Tol Merak menuju Tangerang, Rabu (23/02).

Di sejumlah daerah Kementerian perhubungan sudah mulai melakukan razio terhadap truk berlebuh muatan (Foto: Istimewa)

Pemeriksaan kendaraan dan penimbangan dengan alat timbang portable dilakukan, untuk mengetahui berapa beban yang dibawa. Dengan begitu, petugas bisa mengetahui, kendaraan tersebutmembawa barang melebihi batas yang ditentukan atau tidak.

Petugas juga melakukan pengukuran dimensi kendaraan, agar diketahui sesuai atau tidak dengan kartu KIR. Kepala Induk PJR Serang Kompol Wiratno menjelaskan, sampai hari ke-13 operasi, petugas gabungan belum menemukan pelanggaran lain, selain over dimension dan overloading.

Baca juga: Korlantas Polri Gelar Razia Truk ODOL, Banyak Truk Melebihi Kapasitas

“Sampai saat ini, belum menemukan pelanggaran plat palsu, dan KIR palsu. Masih seputar teguran pada yang melanggar ODOL,” terang Wiratno, Kamis (24/02). Tak hanya menegur, petugas juga mengingatkan pada awak angkutan agar mematuhi aturan yang berlaku.