POPULAR STORIES

Korlantas Polri Gelar Razia Truk ODOL, Banyak Truk Melebihi Kapasitas

Korlantas Polri Gelar Razia Truk ODOL, Banyak Truk Melebihi Kapasitas Pemeriksaan kendaraan berlebih muatan (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Truk berlebih muatan atau biasa disebut Over Dimension Over Loading (ODOL) sampai saat ini masih menghiasi jalan raya. Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh truk ODOL.

Belum lagi infrastruktur jalan yang rusak karena tak lagi sanggup menahan beban truk yang beratnya melebihi batas yang ditentukan. Untuk bisa lolos dari pemeriksaan, terkadang pengemudi truk memalsukan uji kir kendaraan.

Dalam rangka mencegah beredarnya truk berlebih muatan, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengimbau jajarannya, agar menindak tegas pengemudi yang memalsukan uji kir.

Baca juga: Serius Berantas Truk ODOL, Polri Dan Kemenhub Potong Dump Truk Di Banyuwangi

Truk berlebih muatan di jalan tol (Foto: KabarOto)

“Kita menghadapi truk Over Dimension Over Loading, tapi juga berhadapan dengan tindak pidana lain, di antaranya pemalsuan,” ujar Irjen Firman Shantyabudi, Selasa (22/02).

Ke depan, setiap hasil operasi akan didata dan ditindak lanjuti oleh masing-masing lembaga, seperti kementerian Perhubungan dan Polri.

Irjen Firman Shantyabudi pun meminta para personil menggelar operasi di tiga lokasi, di antaranya tol Serang KM 68, Banten, tol Karang Tengah KM 9 Tangerang, Banten sampai tol Jakarta-Cikampek KM 29, Jawa Barat.

“Saya minta kepada jajaran, untuk mendatakan betul di tiga titik ini kalau memang modusnya sama,” tambah dia lagi. Operasi yang dilakukan ini, tujuannya untuk memastikan kendaraan yang mengangkut barang, kapasitasnya tidak berlebih.

Baca juga: Menurut Polri, Truk ODOL Dinilai Sebagai Kejahatan Lalu-lintas

Jika tak berlebih, menurutnya potensi kecelakaan dan kerusakan jalan bisa terhindar. Setelah melakukan operasi, hampir seluruh kendaraan yang terjaring melanggar muatan. Ada juga yang terjaring karena didapati over dimension.