Cara Periksa Starter Motor yang Tidak Berfungsi

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 12 Oct 2016 - 11:10
Cara Periksa Starter Motor yang Tidak Berfungsi
Cara Periksa Starter Motor yang Tidak Berfungsi ( Foto : Istimewa)

Memiliki kendala saat menstarter motor kadang sering kita alami, bagi anda yang awam mungkin kaget dan heran kenapa motor tidak bisa menyala saat tombol starter telah anda tekan? Nah kali ini kabaroto bersama spekengine memberikan informasi tentang kenapa starter motor sangat sulit dan cara memperbaikinya. Yuk Simak !

-Aki atau baterai

Aki atau baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor, karena komponen tersebut berfungsi sebagai sumber kelistrikan motor yang salah satunya juga untuk sistem starter. Jika pada saat tombol starter di pencet, tapi dinamo starter tidak mau berfungsi, juga maka aki atau baterai harus di cek.

Cara mengecek aki atau baterai dengan menggunakan multimeter atau avo meter untuk mengetahui tegangan baterai yang tersisa. Tegangan baterai yang bagus ialah tidak kurang dari 12 Volt. Jika mengalami kekurangan ada dua kemungkinan ada masalah pada sistem pengisian atau aki telah rusak.

-Rangkaian pada Starter

Jika pada baterai atau aki motor tidak ada masalah selanjutnya adalah periksa rangkaian starter. Yang pertama harus dicek dari rangkaian starter adalah kabel yang mungkin terputus, pada socket – socket atau tombol starter yang sudah kotor dan berkarat. Cara pemeriksaannya yaitu dengan menggunakan multimeter, periksalah apakah arus listrk mengalir atau tidak. Kalau ada kabel yang putus maka sebaiknya anda harus menggantinya yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungkan kembali kabel yang terputus tersebut. Jika tombol starter kotor bersihkan dengan menggunakan ampelas halus.

-Relay Starter

Relay starter berfungsi untuk elektromagnetik untuk memutuskan dan menyambung aliran listrik dari aki menuju motor stater. Cara mengeceknya dengan menyambung dua kabel ke baterai min dan plus (-,+), jika anda mendengar suara cetak berarti masih bagus. Jika tidak menemukan suara tersebut maka kemungkinan besar bendik sudah mengalami kerusakan dan mati. Komponen tersebut tidak bisa anda perbaiki, melainkan anda harus menggantinya yang baru.

Baca Juga: