SIM Di Amerika Terintegrasi Pada Aplikasi Ponsel

SIM di Amerika Terintegrasi pada Aplikasi Ponsel Ilustrasi Operasi kepolisian (istimewa)

KabarOto.com - Semua negara di dunia, pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi. Di Amerika, tepatnya di negara bagian Iowa, SIM bukan lagi sebuah kartu yang dapat disimpan di dompet, tapi SIM ada dalam aplikasi yang bisa dibuka lewat Ponsel.

Aplikasi SIM langsung terintegrasi dengan sistem milik kepolisian. Saat pengendara bermotor terkena razia atau melanggar lalu lintas, setelah menilang petugas kepolisian bisa melakukan pengecekan lewat ponsel dan mengeluarkan peringatan.

Pelanggar hanya tinggal pindai sidik jari dan kemudian bisa membayar denda tilang langsung dari ponsel. Petugas kepolisian pun tak perlu repot-repot mengeluarkan surat tilang.

Itulah skenario proses penilangan model baru yang akan diterapkan di Iowa. Departemen Transportasi Iowa mengeluarkan investasi sampai US$ 40.000 untuk menciptakan sistem SIM online ini.

Baca Juga: Tips agar Lulus Ujian SIM

Total ada 15 karyawan yang menjadi pilot program 'mobile driver's license' atau mDL. Aplikasi iOS ini seperti dilansir Car And Driver memperlihatkan SIM virtual yang bisa diputar seperti halnya foto biasa.

Diharapkan dengan SIM mobile tersebut bisa mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan pemerintah setempat. Potensi korupsi juga bisa dieliminasi.

Lalu apakah Indonesia bisa menggantikan SIM dalam bentukkartu menjadi aplikasi digital? Kepala Korlantas Polri Royke Lumowa saat ditanya beberapa waktu lalu menyatakan jika saat ini Indonesia belum menerapkannya.