Dirasa Kurang, Kementerian PUPR Fasilitasi Mobil Toilet Di Jalan Tol Dan Non Tol

Dirasa Kurang, Kementerian PUPR Fasilitasi Mobil Toilet di Jalan Tol dan Non Tol (Foto: twitter PUPR)

KabarOto.com - Semakin dekat dengan Hari Raya, sekarang sudah memasuki arus mudik Lebaran nih Sob. Sama seperti tahun sebelumnya, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi masih cukup banyak. Ditambah, Tol Trans Jawa yang diresmikan oleh Pemerintah semakin membuat perjalanan menyenangkan.

Tapi, perlu diingat nih Sob kalau yang penting ketika perjalanan tidak hanya kondisi jalan, kendaraan serta stamina pemudik yang penting. Fasilitas lain juga dibutuhkan oleh pemudik, terutama rest area beserta toilet. Khususnya di sepanjang Tol Trans Jawa sudah banyak tersebar rest area di beberapa titik, begitu pun dengan toilet.

Baca Juga: Untuk Berikan Pelayanan Maksimal, Operator SPBU Juga Diperiksa Kesehatannya

Namun, banyaknya toilet yang diberikan masih dirasa kurang karena jumlah pemudik yang tidak sedikit. Kementerian PUPR tidak hanya menyiapkan infrastruktur jalan loh, berbagai fasilitas lain juga disediakan. Seperti mobil toilet di rest area jalan tol, SPBU hingga pos siaga mudik Kementerian PUPR di jalan non tol.

"Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu, dilansir pada rilisnya.

Untuk mendukung libur Lebaran tahun ini, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya memberikan bantuan sebayak 32 mobil toilet yang disebar di 27 titik. Nah, mobil toilet tersebut bisa digunakan oleh pemudik baik ketika arus mudik maupun arus balik.

Baca Juga: Pemudik Fokus Tol Trans Jawa, Jalur Selatan Juga Bisa Jadi Alternatif Loh

Dari 27 titik tersebut, enam titik berada di SPBU dan pos siaga yakni di ruas jalan arteri Lampung-Palembang, Lingkar Gentong KM 75 Tasikmalaya, Bumiayu dan Ajibarang di Jalan Pantai Selatan Jawa, Jalan Pantura-Tegal yakni di Terminal Kota Tegal dan setelah exit tol Pemalang.

Sisanya sebanyak 21 titik disiagakan di ruas jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Untuk Tol Trans Sumatera lokasinya ada di Tol Medan – Tebanggitinggi KM 65,7, Tol Medan – Tanjung Morawa KM 65,7, dan Tol Medan – Binjai.

Sedangkan Tol Trans Jawa tersebar di Tol Jakarta – Merak KM 68A, Jakarta – Merak KM 68B, Tol Jakarta – Cikampek KM 18A, Tol Jakarta – Cikampek KM 59A, Tol Cikampek – Palimanan KM 116A, Tol Palimanan – Kanci 207A, Tol Pejagan – Pemalang KM 229, Tol Purbaleunyi KM 72A dan KM 147A, Tol Pemalang – Batang KM 344A.

Kemudian Tol Semarang – Solo KM 429A dan KM 487 A, Tol Solo – Ngawi KM 519A, Rest Area Ngawi – Kertosono KM 603, Rest Area Jombang – Mojokerto KM 695B, Rest Area ruas Tol Mojokerto – Surabaya KM 725, Ruas Tol Pandaan – Malang KM 793, dan Tol Pasuruan – Probolinggo KM 833.

Baca Juga: Bakal Ada 30 Unit Toilet Disabilitas Di Sepanjang Tol Trans Jawa

Selain mobil toilet, Kementerian PUPR juga menyiagakan sarana dan prasarana sanitasi berupa 37 unit hidran umum, 8 unit mobil tangki air, 6 unit mobil tinja, dan 8 unit bus VVIP. Nah, untuk hidran umum bisa dimanfaatkan pemudik untuk wudhu loh.

Sebanyak 112 petugas dari Kementerian PUPR juga dikerahkan nih Sob. Petugas akan menjalankan kewajibannya selama 24 jam dan ditugaskan secara bergantian. Jadi bagi Sobat Kabaroto yang mudik dan membutuhkan bantuan, petugas akan siap sedia.

Selamat berkumpul dengan keluarga!