POPULAR STORIES

Elders Garage Dapat Dukungan Pemerintah Ekspansi Konversi Motor Listrik Ke Eropa

Elders Garage Dapat Dukungan Pemerintah Ekspansi Konversi Motor Listrik ke Eropa Elders Garage akan membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara Eropa (KemenkopUKM)

KabarOto.com - Langkah Elders Garage yang akan membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM).

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyambut baik rencana tersebut, dengan menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal. Kendaraan tersebut akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.

Baca Juga: Elders Garage Diharapkan Jadi Pelopor Industri Skuter Listrik Konversi

Saat ini, Indonesia dapat mengambil bagian dalam supply chain kendaraan listrik. Pelaku UMKM dalam hal ini bengkel dapat mengambil peran penting.

"Pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta per motor berumur 10 tahun yang mau konversi ke listrik. Ini menjadi kesempatan bagi bengkel-bengkel UMKM konversi untuk ikut ambil bagian. Elders Garage sudah siap mendampingi bengkel tersebut," kata Teten Masduki dalam keterangannya, Selasa (6/6).

Ilustrasi scooter listrik hasil karya Elders Garage (KabarOto/Kipli)

KemenKopUKM juga telah diminta oleh Kementerian ESDM untuk menyiapkan bengkel konversi motor listrik. Dalam mengonversi kendaraan konvesional menjadi kendaraan listrik, pemerintah harus menyasar bahan baku konversi yang disiapkan oleh bengkel UMKM.

"Karena kita bisa menjadi bagian dari produsen baterai motor atau mobil listrik. Pemerintah membuat regulasinya, pelakunya adalah sektor swasta termasuk di dalamnya bengkel," ujar Teten.

Baca Juga : Dorong Penggunaan Motor Listrik, Pertamina Siapkan 6 SPKLU di Jakarta

Dikarenakan kerja sama ini merupakan proyek berkelanjutan, kerja sama KemenKopUKM dan Elders Garage untuk menyiapkan bengkel konversi akan dilakukan dengan pelatihan dan penambahan peralatan bengkel.

"Ini peluang bisnis, nanti akan kita gandeng Elders Garage untuk pelatihan termasuk meng-upgrade bengkel konvensional agar mereka bisa menikmati program pemerintah yang cukup besar untuk menggeser motor konvensional," pungkasnya.