Formula 1 Mengumumkan Akademi F1, Seri Pembalap Wanita Baru Untuk Tahun 2023

Formula 1 mengumumkan Akademi F1, seri pembalap wanita baru untuk tahun 2023 Dok : W Series

KabarOto.com - Mulai tahun 2023 mendatang, Formula 1 akan mengadakan akademi kategori pembalap wanita.

Akademi wanita ini bertujuan untuk mengembangkan, dan mempersiapkan pembalap muda wanita untuk maju ke tingkat kompetisi lebih tinggi termasuk Seri W, Formula 3, Formula 2 dan bahkan Formula 1.

Baca juga: McLaren Gunakan Livery Spesial Di Abu Dhabi

Seri ini akan terdiri dari 5 tim yang dijalankan oleh tim F2 dan F3 saat ini. Masing-masing memasukkan 3 mobil sehingga total ada 15 mobil di grid pembalap. Musim pertama terdiri dari 7 seri dengan masing-masing 3 balapan, sehingga total ada 21 balapan. Ditambah 15 hari pengujian resmi pada kalender 2023.

Pembalap akan menggunakan sasis Tatuus T421, dengan Autotecnica dipilih sebagai pemasok mesin turbocharged yang menghasilkan 165 dk, sementara Mitra Global Formula 1 Pirelli bertugas sebagai penyedia ban.

Seri yang akan dikelola oleh CEO Formula Motorsport Limited, Bruno Michel juga menetapkan anggaran sebesar 150.000 Euro atau setara Rp 2,430 miliar.

Baca juga: Fernando Alonso Gunakan Helm Spesial Untuk Menghormati Sebastian Vettel

Formula 1 ingin pembalap wanita memiliki peluang terbaik mencapai potensi mereka, dengan langkah pertama untuk masuk ke Formula 3 dan naik ke tingkat berikutnya.

“Keanekaragaman sangat penting dalam motorsport, dan dengan Akademi F1 kami akan membuktikan bahwa pembalap wanita memiliki apa yang diperlukan untuk bersaing di level tinggi,” ujar Manajer Akademi F1 Bruno Michel.

Berita Terkait

Berita Terkait