POPULAR STORIES

Green Tech Dan ITPLN Jalin Kemitraan Untuk Pengembangan Motor Listrik

Green Tech Dan ITPLN Jalin Kemitraan Untuk Pengembangan Motor Listrik Green Tech memiliki delapan tipe motor listrik (Foto: Green Tech)

KabarOto.com - PT Green Tech Electric Automotif (Green Tech) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Institut Teknologi PLN (ITPLN), dalam upaya mewujudkan electric vehicle yang berkualitas , aman dan nyaman.

Santoso Januwarsono, selaku Ketua Panitia dan sekaligus Direktur PT Green Tech Electric Automotif mengatakan, "Kerjasama ini merupakan pengembangan sepeda motor listrik yang pertama kali dilakukan ITPLN dengan pabrikan sepeda motor listrik."

Tujuan kerjasama ini untuk pengembangan dan penelitian kendaraan listrik, khususnya motor listrik. Ke depan, kedua belah pihak bersepakat untuk melakukan pengembangan lebih lanjut lagi, seperti baterai kendaraan listrik.

Baca Juga: Honda Rilis Dua Motor Listrik Tahun 2023, Dirakit Di Indonesia

Tujuan kerjasama ini untuk pengembangan dan penelitian motor listrik

Sebagai informasi, Green Tech merupakan produsen sepeda dan motor listrik, telah membangun aplikasi ojek online berbasis motor listrik, yaitu e-trans.

Sementara itu, Wakil Rektor IV ITPLN Unit Bisnis Dr. Ir. Pawenary mengatakan, mahasiswa dan dosen dapat melakukan penelitian lebih mendalam, tentang electric vehicle (EV), khususnya sepeda motor listrik, seperti pengembangan baterai untuk kendaraan listrik.

Nantinya, ITPLN berencana mengajukan usulan membangun bengkel konversi, untuk service dan maintenance motor listrik, serta mengembangkan platform digital untuk kebutuhan start up tentang kendaraan listrik.

Baca Juga: Konversi Motor Bensin Ke Listrik Kurangi Impor BBM Hingga 20 Ribu KL

Dalam kerjasama ini, Green Tech juga membantu mahasiswa untuk memiliki motor listrik tanpa dengan DP 0%, harga bersaing, dan kredit selama 3 tahun melalui Koperasi Karyawan ITPLN.

Green Tech memiliki fasilitas produksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

Green Tech juga mengklaim, satu-satunya motor listrik yang akan menggunakan baterai buatan Indonesia, yaitu KKbBaterai yang disuplai PT KKBrothers. Sekarang ini ada dua jenis baterai yang digunakan, yakni super graphene dan satu lagi litium.

Ada delapan tipe motor listrik yang ada sekarang ini, yakni VP, Meta, Aero, Ranger, Scood, Hurricane, Unity dan Sporty.