POPULAR STORIES

Hasil F1 Australia 2023, Balapan Penuh Drama

Hasil F1 Australia 2023, Balapan Penuh Drama Foto : F1.

KabarOto.com - Max Verstappen berhasil memenangkan F1 Australia dengan cukup mulus. Namun di balik kemenangannya ada beberapa kejadian menarik.

Balapan F1 Australia yang berlangsung di Sirkuit Melbourne, Albert Park, menghadirkan banyak drama, setidaknya tiga kali bendera merah dikibarkan, dan total 8 pembalap mengalami DNF (Did Not Finish) atau gagal finis.

Baca juga: Ukuran Grid Box F1 Diperbesar Demi Meminimalisir Kesalahan Posisi

Pada lap awal Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) tidak melanjutkan lomba setelah bersenggolan dengan Lance Stroll (Aston Martin). Pada lap 7, bendera merah pertama datang setelah Alex Albon (Williams) melintir dan menabrak dinding pembatas menjadi pembalap kedua yang tidak melanjutkan lomba.

Kemudian lap 18, George Russell (Mercedes-AMG Petronas) yang sempat memimpin balapan mengalami masalah mesin hingga terbakar, menyusul jadi pembalap ketiga yang tidak melanjutkan lomba.

Selanjutnya mendekati lap akhir, Kevin Magnussen (Haas) menyenggol dinding pembatas dan ban kanan belakangnya hancur, hingga bendera merah kedua pun dikibarkan, namun Magnussen berhasil finis dengan +6 lap di urutan terakhir.

Setelah menunggu beberapa saat, start balapan dilakukan ulang. Namun kekacauan terbesar terjadi, mulai dari Pierre Gasly (Alpine) yang remnya mengunci membuat Sergio Perez (Red Bull Racing) keluar lintasan, namun beruntung masih bisa kembali melanjutkan balapan.

Di waktu yang sama mobil Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) juga menyenggol mobil Fernando Alonso (Aston Martin) sehingga mobilnya melintir, namun beruntung keduanya bisa melanjutkan balapan, tapi Sainz mendapat penalti 5 detik.

Baca juga: Detail Desain Bikin Red Bull Racing RB19 Melesat Lebih Cepat

Sementara ketika Gasly ingin kembali ke trek, dirinya malah bersenggolan dengan rekan setimnya Esteban Ocon sehingga keduanya finis +2 lap. Logan Sargeant (Williams) menabrak bagian belakang Nyck de Vries (AlphaTauri) sehingga keduanya juga finis +2 lap pada kekacauan start tersebut.

Hal ini memicu bendera merah ketiga, dan steward memutuskan pembalap tersisa melakukan start dengan urutan, Max Verstappen, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, Carlos Sainz, Lance Stroll, Sergio Perez, Lando Norris, Nico Hulkenberg, Oscar Piastri, Guanyu Zhou, Yuki Tsunoda, dan Valtteri Bottas.

Hasil F1 Australia 2023 :