POPULAR STORIES

Hunter Scrambler SK500 Bakal Digunakan Untuk Ujian Praktik SIM C1

Hunter Scrambler SK500 Bakal Digunakan untuk Ujian Praktik SIM C1 Hunter Scrambler SK500 Bakal yang akan digunakan untuk ujian praktik SIM C1 (@dimaspopo)

KabarOto.com - Korlantas Polri melakukan pengadaan 32 unit sepeda motor Hunter Scrambler SK500 untuk ujian praktik SIM C1. Motor-motor itu akan disebar ke 468 Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) seluruh Indonesia.

"Kami siapkan untuk masyarakat pada saat ujian saja, bukan untuk dipakai jalan-jalan. Untuk ujian praktik,” kata Direktur Registrasi dan Identifikas (Dirregiden) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus.

Baca Juga: Korlantas Polri Bakal Luncurkan Buku Panduan Ujian SIM

Yusri enggan mengklasifikasikan Hunter Scrambler SK500 sebagai Motor Gede atau Moge. Alasannya, karena yang diatur dalam regulasi dan klasifikasi dari kendaraan roda dua adalah ukuran cc atau volume ruang silinder pada mesin motor.

“Motor itu untuk apa, saya tidak mau dibilang moge. Tapi motor 250-500 cc," jelas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Hunter Scrambler SK500 (www.huntermotorcycles.co.id)

Ia memastikan, target Korlantas sendiri yakni 1.000 unit motor untuk 468 Satpas SIM yang ada di seluruh Indonesia, minimal setiap Satpas memiliki 2 unit. Namun, pengadaan ini disesuaikan dengan anggaran negara.

Untuk sementara, saat ini baru ada 32 unit Hunter Scrambler SK500. Sehingga, Hunter Scrambler SK500 bakal diprioritaskan di satpas-satpas kota besar, seperti Jakarta, Pulau Jawa, Bali, termasuk Sumatera, dan ibu kota provinsi lainnya. Ini disesuaikan dengan data jumlah kendaraan 250-500 cc yang ada di setiap wilayah.

"Tapi kan kami prioritaskan dulu yang memang banyak motor-motor yang 250 sampai 500 cc,” jelas Brigjen Yusri.

Baca juga: Auto2000 Resmikan Fasilitas GR Zone Pertama Di Jakarta Dan Tangerang

Pengadaan 32 unit Hunter Scrambler SK500 dilakukan Polri pada September 2022, anggaran bersumber dari APBN 2022. Tahun depan rencananya akan ditambah jumlahnya disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Tahun depan kami tambah lagi, tergantung anggaran yang ada,” tutup dia.