POPULAR STORIES

Hyundai Kona Hybrid 2020, Hadir Semakin Efisien Dilengkapi Sistem Keselamatan Canggih

Hyundai Kona Hybrid 2020, Hadir Semakin Efisien Dilengkapi Sistem Keselamatan Canggih

KabarOto.com – Hyundai kembali menambah line-up model Kona mereka dengan varian bermesin hybrid di tahun 2020, basis produksi mobil ini mengikuti Kona Standar dan Kona Electric yang sudah dijual di pasar Eropa tahun lalu dan di pasar Amerika Serikat awal tahun 2019.

Berbekal mesin 4 silinder Kappa GDI direct injection berkapasitas 1.600 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 103 dk dan torsi 147 Nm. Semakin bertenaga dan efisien dibantu motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga tambahan sebesar 42 dk dan torsi maksimal 170 Nm.

Berkat kombinasi tenaga dari mesin bensin dan motor listrik mampu menghasilkan tenaga gabungan sebesar 145 dk dan torsi maksimal 307 Nm. Berbicara mengenai performa, mobil ini dapat melaju dari kecepatan 0-100 kpj dalam waktu 11,2 detik dan kecepatan maksimal bisa mencapai 160 kpj.

Baca juga: Hyundai Kona Resmi Meluncur Dengan Banderol Rp363,9 Juta

Sebagai mobil hybrid, motor listrik ditenagai oleh baterai lithium-ion Polimer berkapasitas 1,56 kWh dengan teknologi pengisian daya cepat, teknologi ini bekerja dengan mengoptimalkan output dari baterai tegangan tinggi dan memungkinkan regenerasi yang cepat.

Selain peningkatan pada powertrainnya, Hyundai menawarkan peningkatan di sektor teknologinya, salah satunya teknologi Blue Link®. Teknologi ini memungkinkan pengemudi dapat mengatur dan mengakses fitur mobil dari jarak jauh melalui aplikasi BlueLink di smartphone.

Sebagai standar, Hyundai menghadirkan headunit layar sentuh berukuran 7 inci sebagai sistem infotainment inti dan memiliki fitur mirroring melalui konektivitas Android Auto dan Apple Carplay.

Baca juga: Profil - Hyundai Kona 2019

Hyundai menawarkan paket opsional tambahan berupa headunit yang lebih besar untuk Kona Hybrid yaitu sistem Audio Video Navigation (AVN). Sistem ini bekerja mengandalkan layar sentuh herizontal berukuran 10,25 inci dengan membagi layar untuk menampilkan berbagai informasi yang bisa dikostumisasi oleh pengguna.

Sistem semakin canggih dengan fitur pengenalan suara berbasis Cloud hadir dalam enam bahasa yang bisa digunakan. Terdapat sistem ECO-Driving Assist membantu pengemudi berkendara hemat bahan bakar.

Hyundai memperbarui sistem navigasinya dengan layanan online Hyundai LIVE Services dapat diuji coba gratis selama lima tahun. Fitur navigasi ini dapat memberikan informasi terkini tentang cuaca, kondisi lalu lintas, peringatan batas kecepatan, pom bensin terdekat dengan informasi lokasi, dan layanan informasi lainnya.

Baca juga: Limited Edition, Hyundai X Marvel Ubah Kona Jadi Iron Man

Pembaruan juga berlanjut ke bagian interior, Kona Hybrid memiliki pilihan paket warna interior khusus, kursi dilapisi kain tenun berwarna hitam dengan jahitan berwarna putih cerah sebagai standar atau menggunakan pelapis kursi menggunakan lapisan kulit berwarna hitam.

Semakin nyaman berkendara didukung kursi elektrik di bagian depan dengan fitur pemanas dan pendingin 3 tingat, sementara kursi belakang memiliki fitur pemanas sebagai opsional untuk kenyamanan penumpang belakang.

Berkendara semakin aman dan nyaman didukung teknologi Hyundai SmartSense, teknologi ini bekerja secara terus-menerus memantau kondisi di sekitar mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat perjalanan.

Semakin lengkap dengan teknologi Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go, fitur ini bekerja mengandalkan sensor depan dan bekerja lebih baik dibandingkan Cruise Control biasa dengan menambahkan fitur pengereman otomatis.

Baca juga: Hyundai Siapkan Amunisi Baru Untuk Perkuat Pasar Mereka Di Indonesia

Terdapat fitur keselamatan lainnya seperti Lane Folowing Assist untuk membantu pengemudi berkendara tepat dijalurnya dan peringatan batas kecepatan mengandalkan kamera depan dan informasi dari sistem navigasi untuk mengidentifikasi rambu batas kecepatan.

Secara visual, desain mobil ini terlihat sama dengan Kona dan Kona electric yang telah muncul lebih dulu, hadir dengan Cascading gril khas Hyundai dan headlamp sudah menggunakan bohlam LED.

Khusus untuk Kona Hybrid, hadir dengan warna Blue Lagoon sebagai warna andalan untuk Kona Hybrid. Menggunakan roda alloy berukuran 16 inci sebagai standar dan pilihan pelek 18 inci untuk tampilan yang semakin sporty.

Berbicara soal harga, Hyundai Kona Hybrid baru akan dibanderol mulai dari EUR 22.495 atau sekitar Rp 355 jutaan, untuk penjualannya akan dimulai di Eropa pada bulan Agustus 2019. Namun, Hyundai belum mengkonfirmasi apakah Kona Hybrid akan dijual di pasar Amerika Serikat. (Nora Dian Pratama)