Inilah Cara Membedakan Pelek Orisinal Dan Replika

Inilah Cara Membedakan  Pelek Orisinal dan Replika

KabarOto.com – Modifikasi mobil bertujuan mempercantik mobil dari segi eksterior maupun interior. Salah satu komponen yang menunjang tampilan mobil dari sisi eksterior adalah pelek.

Para modifikator mobil biasanya menggunakan pelek orisinal, replika, dan TW. Biasanya dua jenis pelek yang disebutkan terakhir digunakan menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Modifikasi Pelek Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky? Simak Tips Ini

Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya, mengatakan, komponen yang menyangkut keamanan berkendara ada baiknya jangan diganti asal-asalan. Walaupun setelah itu mobil akan tampil keren, tetap saja percuma jika mengorbankan sisi keamanan.

“Pelek itu salah satu komponen yang menunjang keamanan dan keselamatan penumpang di dalam mobil. Makanya proses pembuatan pelek tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan secara matang,” ucap Hendra Wijaya.

Baca Juga : Begini Spesifikasi Lengkap Honda Freed Full Modifikasi Versi JDM

Namun, jika berbicara soal ketiga pelek tersebut. Ada beberapa perbedaan yang bisa diketahui oleh modifikator. Apa saja?

Pelek orisinal sendiri adalah pelek yang dari sisi desain, nama, logo dibuat oleh brand itu sendiri. Tidak ada unsur duplikasi karena hasil desain dan produksi tim internal masing-masing. Build quality nya juga tentu lebih terjamin.

Sedangkan, pelek replika merupakan pelek yang diproduksi semirip mungkin dengan pelek aslinya, mulai dari model, logo, hingga nama pelek itu sendiri.

Pelek TW sendiri adalah penyebutan lain dari pelek replika, artinya sama, yaitu pelek yang diduplikasi. Kata TW sendiri merupakan singkatan dari Taiwan, di mana negara tersebut memang dikenal sebagai negara pembuat pelek replika.