POPULAR STORIES

Jangan Anggap Remeh, 5 Perawatan Ini Bisa Bikin Harga Jual Mobil Bekas Tinggi Loh

Jangan Anggap Remeh, 5 Perawatan Ini Bisa Bikin Harga Jual Mobil Bekas Tinggi Loh Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Menjual mobil bekas sama sulitnya dengan membeli mobil bekas. Sebelum menjual tentu Sobat KabarOto harus memeriksa berbagai kelengkapan dan performa kendaraan, agar mendapat harga yang tidak jauh dari pasaran. Tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin selama penggunaan, bukan hanya saat ingin menjual mobil tersebut.

Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga mengakui bahwa perawatan mobil rutin bisa jadi cukup merepotkan dan menyita waktu.

"Namun kerja ekstra itu akan terbayar saat Anda ingin menjual lagi mobil itu setelah beberapa waktu digunakan," tuturnya.

Baca Juga: Sebelum Menguning Lakukan Perawatan Untuk Mobil Putih, Ini Pilihannya

Nah, ada 5 tips penting yang bisa Sobat KabarOto contek agar kendaraan selalu dalam performa terbaiknya. Baik mesin maupun eksterior hingga interiornya.

Pertama, pastikan cairan mobil selalu tercukupi. Pengetahuan umum nih kalau cairan pada mobil ada beragam. Mulai dari air radiator yang berfungsi sebagai pendingin, power steering untuk pelumas, hingga cairan rem sebagai sistem hidrolik saat pengereman.

Baca Juga: Cewek Pengendara Mobil Harus Tahu Dua Hal Ini

Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk performa kendaraan. Jadi, selama menggunakan kendaraan Sobat KabarOto harus memiliki waktu untuk mengecek kapasitas dan kualitas cairan pada mobil.

Kedua, ganti oli mesin secara berkala. Oli termasuk elemen penting bagi mobil, karena fungsinya untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga anti karat di dalam mesin.

Baca Juga: Cara Memilih Oli Yang Sesuai Untuk Kendaraan Anda

Kalau oli mesin bekerja terus menerus maka daya pakainya akan menurun. Sehingga Sobat KabarOto perlu untuk mengganti dengan yang baru paling tidak setiap 5.000 km sekali.

Ketiga, servis rutin atau tune up. Perawatan ini sepertinya sudah tidak asing baik bagi yang awam maupun tidak. Servis rutin perlu dilakukan setiap 10 ribu km sekali, atau sesuai dengan buku panduan mobil masing-masing. Ketika pengguna merasa ada kendala pada kendaraan, saat melakukan servis bisa di konsultasikan juga.

Keempat, masih terkait area permesinan, jangan lupa untuk perhatikan kondisi aki. Elemen ini merupakan salah satu sumber kelistrikan kendaraan. Kalau Sobat KabarOto pernah kesulitan menghidupkan mesin, biasanya daya kerja aki sudah berkurang atau habis.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Begini Caranya!

Setidaknya lakukan pengecekan dengan memastikan air aki selalu berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Jika kesulitan, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel ahlinya.

Terakhir, berkaitan dengan eksterior mobil, usahakan untuk rutin membersihkan mobil agar terhindar dari karat. Mencuci mobil menjadi salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan untu merawat eksterior. Paling tidak, cucilah mobil satu kali seminggu.

Tidak hanya bagian yang terlihat saja, cuci mobil juga harus teliti hingga ke bagian sudut yang sempit. Hal ini penting agar menghindari karat yang timbul di beberapa komponen mobil.

Baca Juga: Ada Jasa Cuci Mobil Tanpa Air Bisa Dipanggil, Kok Bisa?