POPULAR STORIES

Kapolri Minta Pemohon SIM Gagal Ujian Praktik, Diberi Kesempatan Lagi

Kapolri Minta Pemohon SIM Gagal Ujian Praktik, Diberi Kesempatan Lagi Simulator uji praktik SIM (Foto: Polda Metro Jaya)

KabarOto.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Satpas SIM Polda Metro Jaya, kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (26/10/2022).

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri tersebut, terlihat mengunjungi beberapa bagian, mulai dari tempat tes tertulis hingga tes praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolri juga sempat mengecek ruang uji simulator yang ada di sana. Saat kunjungannya, pemohon SIM sedang menjalani ujian.

Baca Juga : Pelayanan SIM Keliling Di Wilayah Hukum Polda Metro Kembali Beroperasi, Catat Lokasinya!

Dalam beberapa kesempatan, mantan Kapolda Banten tersebut, mengajak diskusi warga yang sedang melakukan pemohonan pembuatan SIM. Ia pun menanyakan, beberapa hal terkait kesulitan dalam proses pembuataan.

Ujian tertulis SIM

Lokasi ujian praktik taknluput dari perhatian Kapolri, bahkan sempat melihat warga yang tengah melaksanakan ujian berkendara. Ia pun mendoakan agar warga lulus mengikuti ujian tersebut.

Listyo Sigit Prabowo pun beberapa kali menanyakan kepada Kasie SIM Polda Metro Jaya Kompol Akasa, Kompol Rambing yang mendampinginya.

Baca Juga : Pelayanan SIM Keliling Untuk Sementara Tidak Beroperasi, Dialihkan Ke Satpas Wilayah

Kapolri pun meminta ada kebijakan jika masyarakat gagal tes ujian praktik bisa ulang dihari yang sama. Bahkan, ia meminta masyarakat diberi latihan terlebih dahulu sebelum melakukan pratik ujian.

“Kalau bisa kasih kesempatan dua kali pada hari yang sama. Karena makan waktu juga jika datang lagi," jelasnya. Karena Listyo sebelumnya mendengar, ada yang empat kali gagal. "Dikasih pelatihan dulu masyarakat sebelum ujian,” terang Kapolri.