POPULAR STORIES

Kejurnas Sprint Rally 2018 Seri I, Awal Kebangkitan Rally Indonesia

Kejurnas Sprint Rally 2018 Seri I, Awal Kebangkitan Rally Indonesia Kejurnas Reli Sidrap (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Kejuaraan Nasional Rally dan Sprint Rally 2018 seri 1 di Sidrap, Sulawesi Selatan, Sabtu-Minggu (24-25/2) lalu, merupakan bukti kebangkitan rally di Tanah Air sebagai salah satu ajang balap paling favorit sekaligus kompetitif.

“Rally di Sidrap kemarin adalah pembukaan yang sangat baik sekali untuk rally Indonesia. Baik dari sektor peserta maupun lokasi penyelenggaraan, keduanya mampu meningkatkan gairah rally ke level yang lebih tinggi,” kata Rifat Sungkar, Ketua Komisi Rally dan Sprint Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat.

Dari segi peserta, lanjut Rifat, pihaknya melihat sudah ada komposisi dan racikan baru. Terdapat banyak peningkatan, khususnya di kelas jip yang kembali dibuka tahun ini.

Sementara dari segi lokasi, Sidrap merupakan lokasi yang terasa tepat menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) karena selain melakukan kegiatan olahraga, juga sekaligus menikmati keindahan alam Indonesia yang begitu luas.

Lebih lanjut Rifat menambahkan, rally adalah ajang balap yang menyenangkan karena bisa membawa seseorang mengenal satu tempat baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang kemudian berjalan beriringan dengan langkah IMI yang ingin meningkatkan kegiatan-kegiatan di sektor wisata.

Di seri 1 ini, peserta yang mengikuti Kejurnas Rally harus menempuh 9 SS (Special Stage) yang keseluruhannya berjarak 80,3 km. Sementara bagi para peserta Kejurnas Sprint Rally, mereka diwajibkan menjalani total 3 SS dengan jarak tempuh seluruhnya sepanjang 11,8 km.

Di Kejurnas Rally, Priamanaya Djan bersama navigator Herry Koentoyo berhasil menjadi pemenang kategori Kejuaraan Umum mengalahkan pereli yang lebih muda, Ryan Nirwan bersama navigator Adi Indiarto yang harus puas berada di posisi 2, serta TB Adhi bersama navigator Muhammad Zaki di posisi 3.

Sebaliknya, di Kejurnas Sprint Rally, giliran duet Ryan dan Adi yang kali ini berhasil menjadi juara mengalahkan Priamanaya-Herry yang finis di posisi 2 dan Aldrian Suwardi bersama navigator Romy Capri di posisi 3.