POPULAR STORIES

Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol Vs Cakram

Kelebihan dan Kekurangan Rem Tromol vs Cakram Rem motor cakram

KabarOto.com - Rem adalah komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan, baik motor juga mobil. Fungsinya untuk menghentikan laju kendaraan. Jika rem tidak dalam keadaan prima, tentunya akan membuat celaka pengemudinya.

Rem sendiri ada dua jenis, tromol dan cakram. Lalu, mana yang lebih baik di antara dua rem tersebut untuk sepeda motor?

Pian, dari Kawasaki Junior Product mengatakan, rem tromol dan cakram punya kelebihan dan kekurangan. Rem cakram cara kerja dan teknologinya lebih modern.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Mengecek Rem Sepeda Motor

Sepeda motor baru hampir seluruhnya sudah menggunakan rem cakram ini. Cara kerjanya dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan. "Terdapat kaliper yang fungsinya untuk menjepit cakram yang digerakkan oleh piston," terang Pian.

Keunggulan dari rem cakram ini menurut dia, memberikan pengereman yang maksimal. Sistem pengereman ini memiliki proses pendinginan yang lebih baik dibandingkan dengan rem tromol.

Namun ada kekurangannya, rem cakram dengan model yang terbuka, membuat kotoran gampang masuk dan jika dibiarkan mengeras. "Kotoran ini bisa membuat cakramnya tergores, bisa menurunkan performanya," tutur dia lagi.

Rem Motor tromol

Kekurangan berikutnya adalah rem ini mempunyai luas kampas lebih kecil, membuat daya pengereman tidak sekuat tromol. Rem ini juga lebih cepat aus sebab metode penjepitannya membuat penekanan kampas menjadi besar.

Sementara rem tromol memiliki metode gesekan antara kampas dengan komponen berbentuk mangkuk. Arah gesekan pada rem ini saling menjauhi, sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakkan di sisi luar dari dua kampas rem.

Kelebihan rem ini kampas berukuran lebar, terlihat lebih kuat. Sistem pengereman ini aman dari kotoran yang dapat menempel dari luar, karena tertutup. Permukaan kampas yang lebar membuat daya pengeraman kuat dan prosesnya lembut.

Baca Juga: Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Namun sayang rem ini sudah mulai ditinggalkan oleh pabrikan untuk motor-motor barunya. Namun, motor dengan mesin kecil masih bisa menggunakan rem ini. Kekurangan rem ini, menurut Pian daya pengeremannya hanya 70%, dan gampang panas karena model perangkatnya tertutup.