POPULAR STORIES

Mudah, Begini Cara Mengecek Rem Sepeda Motor

Mudah, Begini Cara Mengecek Rem Sepeda Motor

KabarOto.com - Sebuah kendaraan harus dilengkapi dengan rem, fungsinya menghentikan laju motor. Jika rem mengalami masalah, tentu akan membuat celaka pengemudi dan penumpangnya. Untuk itu, rem juga harus dilakukan pengecekkan secara rutin, agar kinerjanya maksimal.

Alfian Dian Pradana, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menjelaskan, ada dua tipe rem terpasang di sepeda motor, yaitu rem cakram dan rem tromol.

Rem cakram bekerja dengan cara menjepit piringan menggunakan kampas rem yang digerakan oleh piston. Sementara rem tromol digerakan secara mekanikal untuk menekan permukaan tromol bagian dalam, sehingga membuat tromol sulit berputar dan akan memperlambat laju kendaraan.

Baca Juga: Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Pengecekan secara cepat dan praktis kampas rem tromol sepeda motor bisa memanfaatkan indikator penunjuk (berupa lempengan mirip anak panah di as rem) yang terdapat di dinding tromol.

Minyak rem

Jika penunjuk sudah sejajar dengan tanda garis batas keausan yang maka kampas (Brake Lining/Pad) harus segera diganti, berbeda dengan mengecek kondisi kampas rem cakram karena perlu dilakukan pembongkaran.

Selain itu permukaan minyak rem di master rem harus diperiksa. Jika berada di bawah garis lower atau berkurangnya minyak rem, berarti kampas rem yang menipis, dan sebelumnya harus dipastikan tidak ada kebocoran atau rembes minyak rem pada jalur sistem pengereman.

Beberapa hal yang perlu diperiksa saat pembongkaran atau saat melakukan pemeliharaan kampas rem adalah kebersihan, rata permukaan, dan ketebalan permukaan tromol atau piringan cakram yang bersentuhan dengan kampas. Dianjurkan melakukan ini di AHASS yang memiliki peralatan ukur akurat dan mekanik yang tersertifikasi.

Tromol bagian dalam diukur diameternya menggunakan jangka sorong, untuk tromol motor matic tidak lebih besar dari 131 mm, cub atau bebek tidak lebih besar dari 111 mm, dan untuk ketebalan rem cakram tidak kurang dari 3,5mm. Selanjutnya adalah memastikan tersedia jarak bebas (freeplay) tuas rem atau pedal rem kurang lebih 20-30 mm dan jarak ini diukur saat tuas atau pedal belum tersentuh hingga mulai terasa bekerja.

Alfian mengatakan, sangat penting untuk mengecek kendaraan kita dalam kondisi siap dikendarai, salah satunya dengan mengecek bagian rem yang memiliki tugas utama yaitu menurunkan laju kecepatan kendaraan hingga berhenti.

Baca Juga: Bosch Tawarkan Kampas Rem Mobil, Dibuat Dari Bahan Non Asbestos

Rem juga menurut dia, bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan selama berkendara, sehingga untuk #Cari_Aman, ada baiknya kita selalu mengecek rem sebelum berkendara.