Merasakan Ketangguhan Dan Kenyamanan DFSK Glory 580 Untuk Liburan Akhir Tahun

Merasakan Ketangguhan dan Kenyamanan DFSK Glory 580 untuk Liburan Akhir Tahun DFSK Glory 580. Foto: Kabaroto/Kukuh

KabarOto.com - Akhir tahun = holiday! Ya, momen libur natal dan tahun merupakan waktu yang pas untuk berlibur atau berkumpul bersama keluarga. Jalur darat pun masih jadi favorit masyarakat untuk menempuh perjalanan di akhir tahun.

Data PT Jasa Marga menunjukkan adanya lonjakan jumlah mobil yang melintas di gerbang tol Cikampek Utama. H -5 libur natal tercatat sebanyak 50.000 mobil melintas di sana. “Jumlah itu melonjak sekitar 50 persen berbanding hari biasa. Adapun hanya 33.000 mobil yang melintas,” kata Corporate Communication Departement Head Jasa Marga Faiza Riani.

Baca juga: 76 Diler DFSK Siapkan Layanan Spesial Liburan Akhir Tahun

Apalagi tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) sudah beroperasi pada akhir tahun 2019 ini. Masyarakat pun berbondong melintasinya.

DFSK Glory 580

KabarOto.com berkesempatan menjajal DFSK Glory 580 untuk menempuh rute darat pada saat momen libur akhir tahun: Jakarta-Bandung-Surabaya-Jakarta.

Glory 580 merupakan line up andalan pabrikan asal Tiongkok, DFSK. SUV ini sejatinya sudah dirilis sekitar 2 tahun lalu. Namun, performa mobil 1.500 cc yang dilengkapi turbocharged ini masih bisa diandalkan.

Di atas kertas, Glory 580 memiliki output tenaga mencapai 150 dk dengan perpaduan torsi 220 Nm, pada putaran mesin 1.800 hingga 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).


Nah, dengan kemampuan yang dimilikinya, mobil ini begitu enjoy digunakan menempuh perjalanan keluar kota bersama keluarga.

Performa mesin DFSK Glory 580 tak bisa dianggap remeh. Meski hanya bermesin 1.500 cc, mobil ini begitu bertenaga lantaran dilengkapi turbocharged. Sangat efisien.

Cukup lincah diajak berakselerasi di jalanan kota yang padat dan begitu bertenaga melahap medan tanjakan. Padahal mesin itu harus menggendong beban bodi sekitar 2.035 kg. Plus muatan penuh sekeluarga.

Mesin DFSK Glory 580

KabarOto.com pun mencoba jalur tanjakan yang cukup ekstrim di kawasan wisata Lembang dan Punclut, Bandung. Saat itu kondisi jalanan macet serta basah lantaran diguyur hujan deras.

Hasilnya? DFSK Glory 580 bisa menaklukan jalur tersebut. Namun, catatannya: pengemudi harus cukup cerdas segera memindahkan transmisi ke mode “S” atau D1-D2. Tujuannya agar menjaga momentum mobil untuk tetap bertenaga.

Jadi, tak perlu khawatir menggunakan mobil ini di jalur cukup ekstrem di tengah cuaca ekstrem pada akhir tahun. Untuk diketahui mobil ini sudah dilengkapi fitur Hill Hold Control (HHC). Fitur ini berfungsi memudahkan akselerasi dari kondisi berhenti di jalan menanjak untuk memulai kembali berjalan. Jadi, pengemudi tak perlu khawatir mobil akan mundur.

**
Perjalanan ke Surabaya

Menggunakan DFSK Glory 580 jarak jauh cukup menyenangkan. Menempuh Tol Trans-Jawa Jakarta-Surabaya sepanjang 750 km, lagi-lagi perjalanan KabarOto.com diwarnai cuaca yang didomonasi hujan deras di sepanjang jalan.

Dalam kondisi tersebut ini kenyamanan kabin DFSK Glory 580 diuji. Kekedapan kabin mobil ini bisa diandalkan. Cukup senyap dan nyaman. Terbukti dalam perjalanan yang terus diguyur hujan sangat deras, penumpang tak terganggu dengan suaranya.

Kabin DFSK Glory 580

Di kabin, penumpang disuguhkan dengan sistem entertainment yang cukup menyenangkan. Di mana 10 inci smart screen yang ada di sana bisa terhubung dengan smartphone.

Fitur keselamatan dan kenyamanan yang disematkan DFSK Glory 580 membuat pengemudi dan penumpang tak perlu was was saat menempuh perjalanan jarak jauh dengan medan lincin. Misalnya fitur Electronic Stability Program (ESP). Di mana fitur ini berfungsi mencegah mobil agar tidak tergelincir di jalanan licin atau basah.

Selanjutnya ada fitur Traction Control System (TCS) berfungsi saat roda seketika kehilangan traksi. Sistem ini bekerja dan membantu roda mendapatkan traksi kembali.

Di sistem pengereman, DFSK Glory 580 dilengkapi ABS dan EBD yang berfungsi membantu pengereman dengan memberikan variasi tekanan masing-masing roda. Sehingga saat terjadi pengereman mendadak mobil ini bisa tetap aman.

Fitur Electric Parking Brake (EPB)

Fitur Electric Parking Brake (EPB) juga disematkan di mobil ini.

Di bagian kaki-kaki, DFSK Glory 580 menggunakan MacPherson Independent di bagian depannya. Sedangkan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam. Membuatnya cukup nyaman.

Bagaimana dengan kenyamanan ruang kemudi? Posisi mengemudi DFSK Glory 580 cukup nyaman layaknya SUV. Dengan jangkauan pandangan ke depan yang cukup luas, membuat mengemudi jarak jauh pun tak merasa cepat capek dan pegal di bagian punggung dan kaki.

Baca juga: 2.000 Unit DFSK Glory 560 Sudah Dipesan di Indonesia

Selain itu hampir semua pengaturan bisa diakses dari jok pengemudi. Membuat pengemudi tak kesulitan mengendalikan mobil ini.

Bagian Setir DFSK Glory 580

Juga di bagian setirnya. Diameter dan posisi genggamnya bisa dikatakan pas. Juga dilengkapi dengan tombol-tombol yang terintegrasi dengan layar smart screen dan layar odometer bergaya futuristik LED design.

Kabin penumpang juga dirasa cukup nyaman dan luas. Jok kulit perpaduan warna cokelat dan hitam menambah kesan mewah di kabin DFSK Glory 580.

Yang menjadi point plus dari DFSK Glory 580 adalah 7 seats-nya. Di mana, kebanyakan SUV di kelasnya hanya berkapasitas 5 seats. Atau pun jika pesaingnya memiliki 7 seats, jok paling belakang biasanya tidak cukup layak untuk orang dewasa. Sangat sempit.

Jok Barus DFSK Glory 580

Namun, jok baris ketiga DFSK Glory 580 bisa dikatakan layak untuk digunakan penumpang dewasa. Bisa diatur sedemikian rupa. Jadi, sangat cocok perjalanan liburan untuk keluarga.

Nah, jika jok baris ketiga tak digunakan, bisa dilipat datar. Bagasi jadi semakin lega. Dan, liburan pun bisa lebih aman dan menyenangkan.

Mobil DFSK Glory 580

Bagian terakhir yang tak kalah penting adalah konsumsi BBM DFSK Glory 580 yang tergolong irit. Dalam pengujian KabarOto.com yang menempuh jarak 524 kilometer, konsumsi bahan bakar DFSK Glory 580 berada di kisaran 12,6 km/l untuk jalanan tol luar kota Jakarta-Surabaya. [Kukuh]