POPULAR STORIES

Pemerintah Masih Menggodok Rencana Subsidi Untuk Motor Listrik

Pemerintah Masih Menggodok Rencana Subsidi untuk Motor Listrik pemerintah akan memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik (Foto Ilustrasi: KabarOto)

KabarOto.com - Semakin menjamurnya merek motor listrik yang dipasarkan, dan mulai tertariknya masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan ramah lingkungan, Pemerintah pun memiliki rencana memberikan subsidi untuk sepeda motor listrik

Aturan tentang pemberian insentif ini, sedang digodok, siap diumumkan dalam waktu dekat. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, memaparkan, saat ini sedang disiapkan dua insentif.

Baca Juga: Motor Listrik Tercepat India Bersiap Untuk Balapan

"Pemerintah akan mengeluarkan dua insentif program konversi, satu adalah program insentif untuk motor listrik baru, kedua program insentif untuk konversi dari motor berbahan bakar bensin ke motor listrik,” jelas Dadan Kusdiana, melalui keterangan resminya (01/02/2023).

Konversi motor konvensional menjadi listrik (Foto: KabarOto)

Dia menambahkan, Kementerian ESDM menjadi PIC yang kedua untuk program tersebut. Saat ini menurutnya, konversi motor dari bahan bakar bensin ke motor listrik masif dilakukan, telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Kementerian ESDM telah melakukan konversi motor BBM menjadi motor listrik hingga mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan sejumlah 143 unit," terang Dadan. Tak hanya itu, Kementerian ESDM juga memberikan pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.

Seperti yang telah dilakukan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) kepada 49 bengkel, yang tersebar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Baca Juga: Subsidi Sepeda Motor Listrik Baru Sebesar Rp7 Juta, Tepat Sasaran?

Kementerian ESDM juga tengah menginventarisasi bengkel-bengkal yang mempunyai sertifikat untuk konversi. Pihaknya juga berencana melakukan pelatihan-pelatihan, supaya bengkel konversi lebih banyak.

"Arahan dari rakor kemarin dilakukan di 10 kota besar di Indonesia. Kita akan melakukan hal ini, untuk mempercepat program konversi," tandasnya.