POPULAR STORIES

Tambal Tubles Ban Motor Ternyata Ada Batas Maksimalnya

Tambal Tubles Ban Motor Ternyata Ada Batas Maksimalnya Tambal ban tubles ada batas maksimalnya

KabarOto.com - Ban merupakan karet bundar yang sangat penting fungsinya untuk sepeda motor. Kondisi ban yang baik, tentu akan memberikan performa yang prima bagi sepeda motor. Namun, saat berkendara di jalan, terkadang mengalami kebocoran, akibat melindas paku, beling atau bahan lain yang tajam menembus karet ban.

Jika mengalami kebocoran, bengkel tambal ban tentu menjadi pilihan agar ban bisa digunakan kembali. Namun tahukah Anda, jika menambal ban ada batas maksimalnya. Jika lebih dari yang ditentukan pabrikan, kondisi ban sudah tidak lagi baik.

Baca Juga: Mizzle Indonesia Sudah Ekspor Ban Ke Asia Sampai Afrika

Freddy Yohannes, Head of Promotion PT BPR produsen ban merek Mizzle di Indonesia mengatakan, pabrikan menyarankan hanya dua kali tambal ban.

Menurutnya, harus dengan jarak yang jauh, jangan berdekatan. "Dua kali itu jaraknya harus jauh ya, jangan berdekatan. Karena, jika berdekatan, nilon yang fungsinya menjadi pelapis ban akan hancur," terang Freddy.

Baca Juga: Sudah Diproduksi, Mizzle Tunda Perkenalan Ban Khusus Yamaha NMax

Nah, untuk sistem penambalan Freddy menyarankan agar tidak menggunakan tubles tusuk yang biasa. Yang lebih bagus menggunakan sistem tiptop.

"Yang bagus itu seharusnya menggunakan tiptop, jadi nambalnya dari dalam. Ada bahan khusus, jadi tidak merusak ban," tutup Freddy.