POPULAR STORIES

Target Bluebird Mengurangi 50 Persen Emisi Karbon Di Tahun 2030

Target Bluebird Mengurangi 50 Persen Emisi Karbon di Tahun 2030 Taksi listrik Bluebird (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Bluebird berkomitmen mengurangi hingga 50 persen emisi karbon dan limbah operasional pada tahun 2030. Ini berkaitan dengan visi keberlanjutan 50:30.

Direur Utama PT Bluebird, Adrianto Djokosoetono mengatakan, perusahaan memiliki 3 pilar, yakni BlueSky, BlueLife dan BlueCorps. Untuk perihal emisi karbon ini terdapat di dalam pilar BlueSky yang merupakan komitmen terhadap lingkungan.

"Sejak pertama kali didirikan 1972, Bluebird telah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Ini yang melandasi kami meluncurkan visi keberlanjutan 50:30 sejak dua tahun lalu," ucap Adrianto, Kamis (25/01/2024).

Baca Juga: Bluebird Investasi Rp 250 Miliar Untuk Transportasi Publik Berbasis Listrik Di IKN

Bluebird menjalankan memiliki 3 pilar, yakni BlueSky, BlueLife dan BlueCorps

Untuk pilar BlueSky, hingga saat ini Bluebird telah mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik, 3.200 armada CNG, serta menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih.

Hasilnya, selama tahun 2023 penggunaan armada listrik telah berhasil mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG mengurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, dan panel surya mengurangi hingga sebanyak 48,3 ton emisi karbon.

Selain itu, Bluebird juga mengimplementasikan program 3R (reduce, reuse, recycle), di mana pengemudi dan karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga 1 juta ton selama tahun 2023.

Baca Juga: Bluebird Akan Tambah 500 Mobil Listrik Untuk Armadanya

Sedangkan untuk pilar BlueLife, perusahaan telah membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38.000 anak pengemudi berprestasi dan memberdayakan lebih dari 1.000 istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird.

Sementara untuk pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik melalui transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga selalu meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A.