POPULAR STORIES

Target Konversi Motor Listrik Sampai Tahun 2023 Mencapai 50 Ribu Unit

Target Konversi Motor Listrik Sampai Tahun 2023 Mencapai 50 Ribu Unit Konversi motor konvensional ke listrik

KabarOto.com - Menteri ESDM Arifin Tasrif belum lama ini menjelaskan, baru ada 5.000 masyarakat yang meminta mengubah konversi motor listrik berinsentif. Pemerintah targetkan konversi motor listrik mencapai 50.000 unit tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ajak semua pihak, seperti pemerintah dan swasta bekerjasama mempercepat program konversi motor listrik.

Baca Juga: Sederet Manfaat Dari Program Konversi Motor Listrik, Apa Saja?

Luhut akui, saat ini masih ada yang harus diperbaiki untuk mencapai target tersebut di atas hingga 2023. Itu disampaikan olehhnya dalam acara penandatangan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)-Menteri Perhubungan-Kapri tentang Percepatan Layanan Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai secara virtual.

Ia harap, surat keputusan bersama ini dapat mempercepat implementasi solusi yang dibutuhkan seperti percepatan mekanisme cek fisik dan administrasi terkait dokumen kendaraan dalam bentuk BPKB, STNK maupun pelat nomor. Ini sangat penting agar kendaraan dapat digunakan kembali di jalan raya.

Pelaksanaan konversi motor listrik sendiri adalah bentuk pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2020. Program konversi, menurutnya memberikan tiga manfaat luar biasa bagi Indonesia.

"Program konversi ini akan memberi manfaat luar biasa untuk negeri yang kita cintai ini baik dari sisi lingkungan, energi maupun sisi ekonomi," tambah politisi Partai Golkar itu.

Manfaat pertama konversi, akan menurunkan polusi dalam lingkungan, dengan menggantikan sepeda motor bakar menjadi listrik. Kedua, dapat memberikan edukasi kepada bengkel konversi UMKM, tentang bagaimana cara membuat sepeda motor listrik layak dikendarai, dengan memenuhi standar keamanan.

Baca Juga: Pemerintah Tawarkan Skema Swap Baterai, Tekan Biaya Konversi Motor Listrik

"Program konversi dapat menciptakan lapangan kerja skala menengah bawah, mengingat masih tingginya populasi sepeda motor bakar yang berpotensi untuk di konversi," tegas Luhut.