Tim Gabungan Di Blora Survey Fasilitas Persiapan Arus Mudik 2019

Tim Gabungan di Blora Survey Fasilitas Persiapan Arus Mudik 2019 istimewa

KabarOto.com - Meski Hari Raya Idul Fitri masih jauh, beberapa pihak dari Pemerintahan sudah melakukan persiapan arus mudik yang diperkirakan mulai padat pada 30 Mei mendatang. Salah satunya oleh Satuan Lalu Lintas Polres Blora, pada (14-15/05) lalu melakukan survey persiapan jalur mudik dan balik Lebaran 2019.

Bersama Tim Gabungan Satlantas, Dinas PU, Bina Marga, dan Dinas Perhubungan Blora, survey dipimpin oleh Edy Sutrisno selaku Kasat Lantas Polres Blora AKP. Hal ini dilakukan agar arus mudik dan balik Lebaran 2019 di wilayah Blora dapat berjalan aman, lancar, dan selamat.

Baca Juga: Kapolda Jawa Tengah Cek Jalur Mudik Semarang-Batang, Tersedia 4 Rest Area

"Kami gandeng dari Bina Marga dan Dinas PU supaya bisa bersama sama menciptakan situasi sebaik mungkin, sebagai pelayanan prima kepada masyarakat, terutama para pemudik yang akan melintasi wilayah Blora," ucap Edy Sutrisno.

Pemantauan ini sengaja dilakukan lebih awal dengan tujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi real di lapangan. Sehingga bisa menjadi bahan analisa dalam mempersiapkan personilnya untuk pengamankan jalur mudik lebaran 2019.

Pada hari pertama yang jatuh di tanggal 14 Mei, tim gabungan menyisir Jalan Raya Blora Cepu. Kemudian survey berlanjut ke Jalan Cepu - Jati, dan melintasi jalan Randublatung - Blora. Beruntungnya, selama survey di jalan tersebut tidak ditemukan kendala yang mengganggu arus mudik.

Baca Juga: Mau Pakai Roof Box Buat Mudik? Pahami Dulu Kebutuhannya

Namun, masih terdapat titik-titik yang minim rambu lalu lintas, sehingga hal ini menjadi catatan tersendiri oleh Satlantas Blora. Lokasi ini kabarnya akan segera ditambah penerangan agar meningkatkan kenyamanan serta keselamatan pengendara.

"Belum ditemukan kendala yang bearti, namun demikian masih ditemukan jalur yang minim rambu-rambu. Seperti di jalan raya Blora Cepu mulai masuk hutan cabak sampai sambong, marka jalan sudah mulai pudar. Dipandang perlu pengecatan ulang," jelas Kasat Lantas.

Selain memantau Jalan Raya, Tim Gabungan juga memantau beberapa lintasan kereta api di wilayah Kecamatan Randublatung. Dari hasil Pengecekan Perlintasan Kereta Api kondisi palang kereta masih dirasa cukup aman. Selain itu persimpangan sebidang tidak ada ketinggian yang dapat membahayakan pengguna jalan.

Memasuki hari kedua, pemantauan dilakukan di sepanjang Jalan raya Blora Rembang dan Jalan Raya Blora Kunduran. Kali ini Tim Gabungan menemukan beberapa hal yang harus di benahi. Salah satunya adalah bahu jalan yang longsor di sekitar jembatan Pacing, kecamatan Kunduran.

Baca Juga: Sambut Mudik, Ada 4 Promo Lebaran Care Campaign Dari Mitsubishi Motors

Bahkan jalan di depan kantor kelurahan Ngawen terlihat ambles dan harus segera dilakukan perbaikan. Hadiyanto, selaku Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Blora mengatakan, "Dinas Perhubungan bersama dinas terkait siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama pemudik yang akan melintasi wilayah Kabupaten Blora. Survey ini akan menjadi bahan analisa dari kami, untuk segera melakukan perbaikan perbaikan demi keamanan dan kenyamanan mudik dan balik lebaran 2019.”