POPULAR STORIES

Warga Bandung Masih Bisa Perpanjang SIM Di Lokasi Ini

Warga Bandung Masih Bisa Perpanjang SIM di Lokasi Ini Ilustrasi SIM

KabarOto.com - Mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona, Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono M.H menegaskan lewat edaran bila kepolisian memberikan dispensasi masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM).

Melalui edaran tersebut, pemilik SIM yang masa berlakunya habis di rentang tanggal 17 hingga 30 Maret 2020, dapat memperpanjang surat tersebut di bulan berikutnya atau setelah 31 Maret 2020.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

Meski begitu, Kanit Regident Satlantas Polrestabes Bandung, AKP. Meilawaty, SH, S.Ik, MM mengatakan, pihaknya masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM A dan C, selain di lokasi SIM keliling yang saat ini diliburkan sementara.

"Korlantas Polri memang ada kebijakan untuk masyarakat bisa memperpanjang masa berlaku SIM A dan C setelah tanggal 30 Maret. Kami pun mengambil kebijakan, untuk sementara, masyarakat juga bisa memperpanjang SIM A dan C-nya di SIM Outlet Festival Citylink," ujar Meilawaty, Senin (23/03).

Bisa memperpanjang di Outlet Festival Citilink

Lebih lanjut ia mengatakan, pendaftaran di outlet tersebut akan mulai jam 10.00 hingga 12.00 WIB. "Tidak ada paksaan bagi masyarakat untuk memperpanjang SIM yang habis masa berlakunya pada saat social distancing ini," tuturnya.

Selain masih dibuka kesempatan untuk memperpanjang masa berlaku di SIM Outlet Festival Citylink, ada juga pengecualian khusus bagi orang yang menjadi ODP, PDP ataupun yang positif terpapar virus Covid-19.

Baca Juga: Cegah Penularan Virus Corona, TransJakarta Beri Aturan Ini Ke Penumpang

"Sesuai arahan Kakorlantas Polri, bagi masyarakat yang menjadi ODP, PDP, atau yang positif terkena virus Covid-19, mereka bisa memperpanjang masa berlaku SIM-nya setelah mereka dinyatakan sehat," jelas Meilawaty.

Meski begitu, saat memperpanjang SIM para pemohon tersebut, harus dapat menunjukkan surat pernyataan dari rumah sakit yang merawat, bahwa dirinya sudah bebas dari virus Covid-19.