POPULAR STORIES

Bahan Kampas Rem Mobil Berbeda-beda, Begini Penjelasannya

Bahan Kampas Rem Mobil Berbeda-beda, Begini Penjelasannya Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Rem adalah bagian paling dasar dalam sebuah mobil untuk memperlambat laju mobil, dan juga sebagai fitur keselamatan. Cara kerja rem sendiri ialah kaliper mendorong kampas, menjepit piringan agar laju mobil bisa berhenti atau melambat.

Nah bagian yang akan rutin mengalami pergantian ialah kampas rem. Di pasaran, kampas rem sendiri punya berbagai bahan dan merek.

Kampas rem berbeda-beda bahan.

Namun perlu diperhatikan, bahwa kampas punya itu punya beberapa bahan berbeda.

“Kampas rem itu memiliki 3 tipe, yaitu Soft, Medium, dan Hard," ujar Suhendra Hanafiah, Operation Manager, PT. Sumber Berkat Anugrah.

Baca Juga : Liburan Pakai Mobil Pribadi? Jangan Lupa Bawa Barang-barang Ini

Perbedaannya sendiri dibedakan dari bahan. Soft menggunakan bahan organik seperti serbuk kaca, karbon, kevlar, dan sebagainya. Sehingga paling cocok untuk penggunaan harian.

Lalu tipe Medium menggunakan bahan ceramic, dengan sedikit campuran serat tembaga, sehingga lebih keras dan awet ketimbang soft.

Sementara untuk bahan Hard biasanya lebih banyak kandungan metal dan besinya, namun bahan ini tidak cocok dipakai ke piringan harian, karena dikhawatirkan akan membuat piringan bergelombang.