POPULAR STORIES

Hasil WRC Italia 2022: Ott Tanak Bawa Hyundai Raih Kemenangan Perdana

Hasil WRC Italia 2022: Ott Tanak Bawa Hyundai Raih Kemenangan Perdana Tim reli Hyundai Motorsport (Sumber Foto: WRC & pihak tim

KabarOto.com – Pereli tim Hyundai Motorsport, Ott Tanak berhasil mempersembahkan kemenangan perdana pada World Rally Championship (WRC) musim 2022 di Italia.

Hyundai harus menunggu hingga seri kelima WRC 2022 untuk merengkuh kemenangan pertama dalam era mobil Hybrid Rally1. Mereka sudah berada di jalur kemenangan sejak hari pertama lewat penampilan solid di jalur gravel.

Mereka sudah memimpin pada etape pembuka melalui Thierry Neuville sebelum Ott Tanak membalih alih di Special Stage (SS) 4. Sang Juara Dunia WRC 2019 itu sempat kehilangan posisi usai SS7, ketika rivalnya Esapekka Lappi (Toyota Gazo Racing) menyusul dengan gap 0,7 detik.

Baca Juga : Toyota GR Starlet Bakal Lakoni Debutnya Di WRC

Tanak dan Jarveoja menangi WRC italia 2022

Tanak baru bisa kembali memimpin pada hari ketiga, Sabtu (4/6), usai insiden yang menimpa Lappi di SS10. Hal itu menjadi kesempatan Tanak untuk meraih posisi terdepan. Pada hari terakhir, Minggu (5/6), Tanak memilih bermain aman usai mengetahui unggul 46 detik dari Craig Breen (M-Sport Ford). Dirinya hanya menjaga ritme kecepatan Hyundai i20 N Rally1.

Pada akhirnya, di sesi SS21 atau etape terakhir, Tanak tidak terlalu menggeber mobilnya terlalu cepat dan diambil alih oleh rekan setimnya, Thierry Neuville. Alhasil, Ott Tanak menyelesaikan WRC Italia dengan finis 1:03 detik di depan Craig Breen yang keluar sebagai runner-up. Tidak hanya kemenangan, Hyundai juga menguasai podium karena posisi ketiga diraih oleh Dani Sordo.

Baca Juga : FIM Resmi Ubah Regulasi Rally1 WRC 2022

Craig Breen tempati posisi kedua

“itu benar-benar menantang dan tahap final seperti Reli Safari, jadi cukup sulit. Tetapi pada akhirnya berhasil. Ini pastinya hasil yang penting, terutama untuk orang-orang di pabrik dan di sisi. Ini awal musim yang sulit dan semua berjalan lambat. Mereka telah berjuang keras dan kami memang mendapat podium sebelumnya. Namun, tidak pernah benar-benar bahagia seperti sekarang,” ungkap Ott Tanak.

Berikut Hasil WRC Italia 2022 :

1.Ott Tanak/Martin Jarveoja (Hyundai i20 N Rally1) 3 jam 10 menit 59,1 detik

2.Craig Breen/Paul Nagle (Ford Puma Rally1) +1,03 detik

3.Dani Sordo/Candido Carrera (Hyundai i20 N Rally1) +1,33 detik

4.Pierre-Louis Loubet/Vincent Landais (Ford Puma Rally1) +2,09 detik

5.Kalle Rovanpera/Jonne Halttunen (Toyota GR Yaris Rally1) +3,02 detik

6.Takamoto Katsuta/Aaron Johnston (Toyota GR Yaris Rally1) +4,02 detik

7.Gus Greensmith/Jonas Andersson (Ford Puma Rally1) +5,23 detik

8.Nikolay Gryazin/Konstatin Aleksandrov (Skoda Fabia Rally2 Evo) +7,37 detik

9.Jan Solans/Rodrigo Sanjuan de Eusebio (Citroen C3 Rally2) +8,05 detik

10.Jari Huttunen/Mikko Lukka (Ford Fiesta Rally2) +8,08 detik