POPULAR STORIES

Isuzu Elf NQR Dimodifikasi Jadi Bus Khusus Siswa Difabel

Isuzu Elf NQR Dimodifikasi Jadi Bus Khusus Siswa Difabel Modifikasi Isuzu Elf NQR jadi bus khusus siswa difabel (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memperkenalkan bus sekolah, dibuat menggunakan basis dari Isuzu Elf NQR di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Show (GIICOMVEC) 2024.

Bus sekolah ini khusus untuk siswa difabel, sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar mereka berasa nyaman dan aman selama perjalanan.

Area kabin dibuat menyesuaikan kebutuhan siswa difabel

Spesifikasi Isuzu ELF NQR

Soal performa, Isuzu ELF NQR ini dilengkapi mesin Direct Injection, 4 silinder segaris, SOHC, Turbo Intercooler, Common Rail. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga maksimum 147,9 dk pada putaran 2.600 rpm.

Baca Juga: Kapan Produksi UD Trucks di Thailand Pindah ke Isuzu Karawang? Ini Jawabannya

Modifikasi Dilakukan Membuat Penumpang Nyaman dan Aman

Mesin ini diklaim bertenaga dengan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap irit karena dapat meraih tenaga maksimum dalam putaran mesin lebih kecil.

Dilengkapi dengan kursi roda

Karena ini juga, pengguna dapat menghemat biaya operasional. ELF NQR juga memiliki suspensi khusus untuk membuat pengemudi nyaman saat berkendara.

Panjang bus mencapai 7,4 meter sehingga tercipta ruang kabin yang lega, untuk sebuah bus berukuran kompak.

Baca Juga: Ragam Produk Isuzu Penuhi Kebutuhan Transportasi Hadir di GIICOMVEC 2024

Isuzu Supply Chain Partner

Isuzu Supply Chain Partner

Berkaitan dengan bus sekolah spesial, Isuzu juga menggeral kegiatan ISCP adalah Corporate Social Responsibility (CSR), agendanya kompetisi Poster dan Video Animasi untuk siswa SMA dan SMK seluruh Indonesia, 2 kali dalam 1 tahun.

Gagat Prijawan, Chairman Isuzu Supply Chain Partner menjelaskan “Setelah melihat hasil karya desain para peserta, maka berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang berasal dari stakeholder Isuzu, pemenangnya merupakan yang terbaik dari seluruh peserta."

Penilaian video dan poster ini dinilai berdasarkan kesesuaian dengan tema, mengandung unsur Isuzu, imajinasi desain poster, dan tidak mengandung SARA, serta pornografi.

Pemenang lomba video ISCP 2024, yaitu Tama Ramadhan. Video hasil karyanya ini mengambil 5 poin yang ada di dalam SDGs 2030. Selanjutnya pemenang lomba poster ISCP 2024, yaitu Mega Aulia. Di mana, poster mengambil tema teknologi dan pendidikan.