POPULAR STORIES

Jarang Diketahui, 3 Manfaat Coating Pada Mobil Di Musim Hujan

Jarang Diketahui, 3 Manfaat Coating pada Mobil di Musim Hujan Coating bisa melindungi cat mobil dari kotoran dan gesekan (Foto Ilustrasi: Scuto)

KabarOto.com - Hujan masih mengguyur sebagain besar wilayah Indonesia. Pemilik mobil tentunya merasa khawatir dengan kondisi mobil, terutama bagian bodi, akan kusam dan memudarkan cat. Karena air hujan yang mengandung asam bisa merusak warna dan menghilangkan keindahan mobil.

Untuk menghindari kerusakan, sekaligus menjaga cat mobil tetap awet, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menganjurkan para pemilik kendaraan melakukan tambahan perawatan, yaitu coating cat mobil.

Baca Juga: Cat Mobil Doff? Harus Pakai Coating Khusus

Coating cat mobil akan menutup pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil. Lapisan yang digunakan khusus, berupa ceramic coating, yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya. Berikut manfaat coating pada cat mobil :

1. Terhindar dari timbulnya waterspot

Penambahan lapisan cat atau coating cat mobil dapat menghindari waterspot, atau biasa disebut jamur. Disebabkan air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil. Apabila coating cat mobil dilakukan, air hujan yang menempel pada di bodi akan langsung turun, tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan.

Cat mobil perlu dicoating agar terlindung dari mudim hujan (Foto Ilustrasi: Suzuki)

2. Melindungi munculnya goresan halus pada bodi mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil tidak hanya berpotensi menyebabkan timbulnya jamur, tapi juga dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil. Goresan terjadi karena beberapa faktor, misalnya cipratan air hujan dari kendaraan lain, bercampur debu dan partikel kecil lainnya menempel di bodi.

Jika bergesekan, bisa berpotensi menimbulkan goresan halus. Ranting pohon pun kadang terjatuh, menimpa mobil, tentu meninggalkan goresan. Dengan coating cat mobil, maka goresan-goresan halus tersebut dapat dihindari terlebih dahulu.

3. Mempertahankan keawetan cat mobil

Coating cat mobil juga menjadi salah perawatan yang bermanfaat untuk menjaga cat mobil tetap awet. Lapisan khusus di permukaan cat mobil akan meresap ke dalam pori-pori cat, dan membentuk lapisan tipis, akan menutup seluruh permukaan cat mobil.

Proses ini yang membuat cat mobil menjadi lebih awet dan tidak cepat memudar. Hal ini dapat menjadi solusi agar warna cat asli pada mobil tidak kusam dan dapat mempertahankan warna aslinya.

Baca Juga: Mobil Baru Perlu Di Coating? Ini Penjelasannya, Sob!

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengatakan, pada musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya.